Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Bantu Warga Petani Basmi Hama Tikus

Posted by tribratanewsbantul on 13:49

Tikus sawah merupakan salah satu jenis hama tanaman yang dapat menimbulkan kerugian besar yaitu mengakibatkan gagal panen dan sangat meresahkan petani.

Upaya untuk mengurangi resiko gagal panen tersebut, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul bersama-sama dari petugas Kepanewon, Ulu Ulu, Ketua Kelompok Tani, Dukuh Karangmojo dan warga etani melakukan pengendalian hama tikus.

Bhabinkamtibmas Kalurahan Trirenggo Aipda Amat Riyadi SH berpartisipasi membantu warga masyarakat bahu-membahu membasmi hama tikus yang menyerang tanaman padi milik warga, Selasa (13/9/2022).

Pengendalian hama tikus dilakukan di Bulak Dusun Karangmojo, Trirenggo, Bantul dengan sistem pengasapan lubang-lubang tikus menggunakan belerang agar serangan hama tikus dapat dikendalikan.

Aipda Amat Riyadi ikut menyasar sejumlah lahan pertanian di area persawahan yang disinyalir terdapat banyak sarang tikus.

"Kami membantu upaya warga tersebut untuk meminimalkan dampak serangan selama memasuki musim tanam. Meski serangan tikus belum mewabah, pengendalian perlu dilakukan agar populasi hama tikus dapat dikendalikan karena dinilai bisa mengurangi jumlah populasi tikus,” kata Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi SH.

Bhabinkamtibmas Aipda Amat Riyadi SH siap membantu para petani. Tak hanya pembasmian hama tikus, namun pihaknya juga siap membantu kegiatan petani lainnya.

“Petani adalah pejuang pangan, maka saya siap selalu mendukung kegiatannya. Kita akan terus hadir untuk memastikan petani dapat beraktivitas secara nyaman dan terselesaikan berbagai permasalahannya. Hal ini sekaligus untuk mendukung suksesnya program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah,” tandasnya. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:49

0 komentar:

CB