Setelah Sekian Lama Diadakan Pendekatan, Akhirnya Hari Ini Warga Karanganyar Sepakat Menutup Penambangan Pasir Ilegal

Posted by tribratanewsbantul on 18:49

Jerih payah yang selama ini dilakukan Brigadir Tohari, Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo, Polsek Sanden dalam menghentikan aktifitas penambangan pasir ilegal di wilayah binaannya, yaitu Dusun Karanganyar, Gadingharjo, Sanden, Bantul membuahkan hasil manis. Hari ini, Minggu (3/12/2017) pagi, setelah warga masyarakat RT 4 Karanganyar, sepakat menghentikan dan menutup aktifitas penambangan pasir ilegal.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari Minggu (19/11/2017) malam, Brigadir Tohari bersama piket fungsi mengunjungi rumah bapak Mujana, salah satu tokoh masyarakat yang juga penambang pasir. Dengan pendekatan kemanusiaan, Brigadir Tohari berhasil menyadarkan bapak Mujana untuk menghentikan penambangan pasir ilegal karena merusak lingkungan.

Upaya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo dengan pendekatan kemanusiaan dan sopan santun waktu itu, membuahkan hasil. Pak Mujana menyanggupi akan menghentikan penambangan pasir ilegal dan siap mengajak warga lainnya untuk berhenti.

Selang beberapa hari setelah adanya himbauan dari Brigadir Tohari, bapak Mujana mengumpulkan semua penambang. Dalam pertemuan warga itu, bapak Mujana mengajak warganya agar segera menghentikan kegiatan penambangan seperti yang diharapkan petugas Polsek Sanden. Dengan bujuk rayu, akhirnya warga menyadari bahwa penambangan yang dilakukan selama ini melanggar aturan dan sudah merusak lingkungan. Mereka kemudian sepakat menghentikan penambangan pasir ilegal.

Kesepakatan warga tersebut, ditindak lanjuti Hari ini, Minggu (3/12/2017) pagi pukul 09.30 WIB, bapak Mujana bersama warganya yang didampingi Bhabinkamtibmas Desa Gadingharjo Brigadir Tohari, Dukuh Karanganyar bapak Musthafa, Mbah Kaum bapak Sugiman, Ketua RT 04 Mujiman, serta tomas dan warga masyarakat RT 04 Karanganyar menyatakan secara besama tidak akan menambang pasir lagi dan bersama sama menutup penambangan pasir ilegal.

Keputusan ini membuat lega Brigadir Tohari bahwa usahanya dalam melestarikan dan mencegah kerusakan lingkungan dengan menghentikan kegiatan penambangan pasir ilegal membuahkan hasil.

"Saya berharap, warga lain yang masih melakukan kegiatan penambangan pasir ilegal segera mengikuti warga RT 04 Dusun Karanganyar dengan menghentikan aktifitasnya," ujarnya. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:49

0 komentar:

CB