Padukuhan Ngireng-Ngireng Sidomulyo Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Posted by tribratanewsbantul on 15:58

Padukuhan Ngireng-Ngireng, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Kabupaten Bantul dicanangkan sebagai Kampung Pancasila yang diinisiasi oleh Kodim 0729/Bantul, Senin (4/4/2022).

Acara pencanangan dihadiri Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala Biro Tata Pemerintahan DIY Kanjang Pangeran Haryo Yudho Negoro, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK, Kepala Kesbangpol Bantul Stephanus Heru Wismantara S.IP MM, Pasiter Kodim 0729/Bantul Kapten Inf M.B Berhen Suncoko, Danpos AL Samas Serma Surawal, Forkopimkap Bambanglipuro, Lurah Sidomulyo Murjita S.Pd, Dukuh Ngireng-Ngireng Sunarjo, perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Adat.

Bupati Bantul dalam sambutannya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Dandim Bantul atas dipilih dan dicanangkannya Padukuhan Ngireng-Ngireng menjadi Kampung Pancasila.

Menurutnya, warga Ngireng-Ngireng selalu menjaga persatua terbukti dengan adanya saling toleransi antar umat beragama.

“Kita harus bisa mewujudkan keadilan sosial, jangan sampai ada saudara kita di Ngireng-Ngireng yang terlantar,” kata Bupati.

“Saya mengucapkan selamat kepada warga Ngireng-Ngireng yang selama ini sudah bergandeng tangan, sehingga menjadi Kampung Pancasila sebagai contoh kampung lainnya di Kabupaten Bantul,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang disampaikan Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, dipilihnya Padukuhan Ngireng-Ngireng sebagai Kampung Pancasila karena kegiatan yang dilakukan selama ini telah mencerminkan Pancasila sebagai dasar negara.

“Kehidupan kerukunan beragama, kegiatan saling toleransi, gotong royong dan kerjasama itui cocok dengan pengamalan Pancasila. Itu juga sebagai cerminan kebhinekaan  atau keberagaman. Lebih penting lagi, apa yang sudah dicontohkan oleh masyarakat Padukuhan Ngireng-Ngireng ini mampu menangkal gangguan yang dapat memecah belah bangsa,” ujar Dandim. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:58

0 komentar:

CB