Kapolres Bantul Hadiri Panen Perdana Tembakau Grompol

Posted by tribratanewsbantul on 14:15

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri panen perdana tembakau Grompol di Dusun Srunggo 2, Kalurahan Selopamioro, Kapanewon Imogiri Bantul, Jumat (16/9/2022).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersama Bupati Bantul, Abdul Halim Muslich.

Selama kegiatan berlangsung, personel Polsek Imogiri melaksanakan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Imogiri Kompol Suharno.

Tembakau ini akan dijadikan sebagai bahan baku cerutu BUMD mereka, PT Tarumartani. Direktur Utama PT Tarumartani, Nur Ahmad Affandi menuturkan sebanyak 40 hektare lahan pertanian tembakau milik petani Bantul ini ditanami jenis yang mereka butuhkan.

Lahan ini petani kembangkan bekerja sama dengan PT Tarumartani. "Kali ini telah siap dipanen untuk pertama kalinya," ujar dia

Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY ini menuturkan, nantinya hasil panen akan diolah untuk kemudian dipasokkan ke PT Tarumartani sebagai bahan baku rokok jenis cerutu. Tembakau yang dihasilkan petani Srunggo ini sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Tembakau varietas grompol yang dipanen oleh Sri Sultan ini menjadi jenis mayoritas yang ditanam oleh hampir seluruh petani tembakau di Bantul. Pengembangan varietas ini merupakan kolaborasi BUMD milik Pemda DIY untuk masyarakat.

Saat ini, di Bantul sendiri tercatat ada sebanyak 210 hektare lahan yang ditanami tembakau. 40 hektare telah bermitra dengan PT Tarumartani, dan sisanya diharapkan bisa segera memenuhi syarat untuk bisa bermitra dengan PT Tarumartani."Kami berharap agar nanti akan semakin banyak yang bisa berkolaborasi dengan PT Tarumartani," ujar dia.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:15

0 komentar:

CB