Polisi Sahabat Anak, Upaya Satbinmas Polres Bantul Tanamkan Kecintaan Terhadap Polisi

Posted by tribratanewsbantul on 14:38

Upaya menanamkan kecintaan anak-anak terhadap polisi sedini mungkin terus dilakukan. Polisi Sahabat Anak merupakan salah satu program Kepolisian RI yang menyasar anak-anak usia dini untuk menumbuhkan kecintaan mereka terhadap institusi kepolisian.

Untuk itu, Satbinmas Polres Bantul melaksanakan kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di SD Tumbuh 4 Sewon.

“Sesuai dengan tugas Satbinmas, kali ini kita melakukan pembinaan masyarakat yang usianya masih dini,” kata Kasatbinmas Polres Bantul, AKP Estiqomah, Rabu (19/10/2022).

Dalam kegiatan tersebut, tak hanya menyampaikan materi, petugas juga mengajak para siswa bermain bersama.

Estiqomah berharap, interaksi ini bisa membuat mereka lebih nyaman dengan kepolisian. “Dengan kedekatan ini dan menjadi sahabat mereka, mereka akan jauh lebih nyaman untuk berbicara atau ngobrol dengan kita tentang apa yang mereka rasakan,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, Satbinmas akan terus melakukan edukasi untuk sesuatu yang boleh dan tidak boleh tentang norma yang ada di masyarakat dan aturan-aturan yang berlaku.

“Tak hanya itu, dengan menjadi sahabat anak-anak, membuat peluang kita bisa lebih dekat dengan masyarakat karena selama ini munculnya kalimat anak ditakut-takuti dengan polisi, dimana hal ini akan mempengaruhi mereka menjadi tidak suka polisi,” paparnya.

Menurutnya, dengan kedekatan ini, harapannya anak-anak akan tertarik menjadi polisi. “Atau bisa juga mereka menjadi taat hukum, karena memiliki sahabat seorang polisi,” jelasnya.

Terakhir Estiqomah berpesan agar sekolah dapat memahami perkembangan dari anak-anak, karena mereka sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan. Menurutnya, lingkungan yang baik akan menjadikan mereka manusia yang baik pula.

“Untuk anak-anak ku terus belajar, jauhi hal-hal yang buruk. Dan yang pasti belajar sungguh-sungguh menjadi generasi yang hebat, luar biasa,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu anggota Tim Kurikulum SD Tumbuh 4 Sewon, Kristina (43) mengatakan, sangat mengapreasiasi kegiatan Polisi Sahabat Anak yang diselenggarakan Satbinmas Polres Bantul di sekolahnya.

Menurut Kristina, anak-anak bisa melihat Polisi dari dekat tak hanya melihatnya di jalan, tapi mereka juga bisa berinteraksi dan tanya jawab secara langsung dengan polisi. “Yang pastinya mereka bisa mendapat wawasan lebih banyak dari bapak-ibu polisi,” katanya.

Kristina berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan kedepannya. “Harapannya nanti ada kerjasama lagi, sehingga bapak-ibu polisi bisa datang lagi ke sekolah, bisa belajar bersama-anak-anak dan bercerita dengan anak-anak,” pungkasnya.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:38

0 komentar:

CB