Polsek Bantul Dampingi Kegiatan Vaksinasi PMK di Wilayah Kalurahan Ringinharjo

Posted by tribratanewsbantul on 14:09

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) disebabkan oleh virus dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus yakni Aphtaee Epizootecae yang menjangkit pada hewan ternak berkuku belah hitam, antara lain sapi, kambing, domba dan kerbau.

Risiko dari penyakit ini berkaitan dengan perekonomian para peternak, karena bisa menyebabkan hewan ternak mati.

Untuk membebaskannya butuh upaya panjang dan juga koordinasi dari berbagai pihak, bersama mengeliminasi atau minimalisir PMK untuk bisa diatasi dengan supply obat-obatan yang dibutuhkan seperti antibiotik sebagai upaya mengatasi infeksi sekunder.

Dalam mensukseskan program penanganan PMK di wilayah Kapanewon Bantul, Polsek Bantul melakukan pemantauan terhadap hewan ternak milik warga. Selain itu, ikut mendampingi kegiatan vaksinasi PMK.

Seperti yang dilakukan oleh Kanit Samapta Polsek Bantul AKP Sudiasih bersama anggotanya, Lurah dan Pamong mendampingi kegiatan vaksinasi PMK yang dilakukan oleh petugas Puskeswan Jetis terhadap hewan ternak milik warga di wilayah Kalurahan Ringinharjo, Bantul, Kamis (27/10/2022).

Sebanyak 85 hewan ternak sapi milik warga divaksinasi PMK, yakni Dusun Deresan 41 ekor, Dusun Gemahan 19 ekor, Dusun Mandingan 12 ekor dan Dusun Bantulkarang13 ekor. (Humas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:09

0 komentar:

CB