Pelatihan Giat Patroli Keamanan Sekolah Di SD Godegan Desa Poncosari

Posted by tribratanewsbantul on 02:30

Satuan Lalu lintas Polsek Srandakan dipimpin langsung Panit Lantas Polsek Srandakan Ipda Subardiyana melatih giat Patroli keamanan sekolah (PKS) di SD Godegan desa Poncosari Srandakan. Kamis,  7 Nopember 2019, pukul 08.00 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Panit Lantas Ipda Subardiyana, PS Panit Lantas Aiptu Wiwid R beserta siswa siswi SD Godegan desa Poncosari Srandakan

Pada kesempatan tersebut Ipda Subardiyana menyampaikan tentang pengertian dan tugas pokok PKS yaitu tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Walaupun PKS bertugas untuk teman-teman sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain, orang lanjut usia atau siapa saja yang berada di tempat itu yang memerlukan pertolongan.Bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.

Dengan pelatihan PKS ini diharapkan kepada para pelajar tertanam rasa disiplin sejak dini, dengan cara berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah.

Selain itu, bagi pelajar yang terpilih sebagai anggota PKS, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta mampu menjadi mitra yang mendukung tugas Kepolisian, khususnya dalam melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Sekolah di lingkungan sekolah mereka.

Selain memberikan pelatihan tentang tugas - tugas PKS, Ipda Subardiyana juga menyampaikan bahwa para siswa dilarang mengendarai sepeda motor kalau belum cukup umur dan belum memiliki SIM, ini sesuai dengan UU Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB