Berantas DB, Biddokkes Polda DIY Gelar fogging Di Mapolres Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 18:35

Bahaya demam berdarah, mendapat perhatian serius dari Biddokkes Polda DIY. Melalui petugasnya, Biddokkes menggelar fogging pada Kamis, 16 Februari 2017 pukul 05.00 Wib pagi di kompleks Mako Polres Bantul termasuk asrama Polri yang ada di belakangnya.

"Apa yang dilakukan ini adalah dalam rangka untuk mencegah penyakit demam berdarah, hal ini selaras dengan tugas Biddokes selaku pemangku tugas pelayanan kesehatan Polri," tutur Kauryankes Subbidkespol Biddokkes Polda DIY AKP Estikomah, A.Md.Kep, SH di lokasi.

AKP Estikomah menambahkan tingginya intensitas hujan, disusul dengan munculnya genangan air di sejumlah titik dapat menjadikan rawan DB Untuk itu kegiatan fogging akan terus digalakkan di berbagai lokasi lainnya guna mengantisipasi penyebaran penyakit deman berdarah dengue (DBD).

Dari pantauan Humas Polres Bantul, dalam melakukan aksinya, petugas fogging menyemprotkan asap di beberapa titik seperti saluran air, tempat sampah, hingga ruma-rumah asrama. Begitu pula dengan taman-taman yang ada di Mako Polres Bantul, tak luput dari penyemprotan petugas.

Sementara itu, Paurkes Bag Sumda Polres Bantul, Ida Wahyuningsih, A.Md. Kep yang turut serta dalam kegiatan mengajak seluruh anggota Polres Bantul dan penghuni asrama untuk melakukan pencegahan penyakit DBD dimulai dari lingkungan keluarga, yaitu dengan membiasakan berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan melakukan 3M.

Dijelaskan, 3M yang dimaksud adalah menguras tempat penampungan air, menutup dan menimbun barang barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Ida menekankan agar kita jangan selalu mengandalkan pada fogging atau pengasapan. “Tindakan yang paling efektif adalah dengan rutin membersihkan lingkungan sendiri karena nyamuk Aedes Aegyti biasanya berkembang biak di area kumuh dan beriklim yang lembab,” katanya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:35

0 komentar:

CB