Sikapi Kemajuan Teknologi Informasi Dengan Arif dan Bijaksana

Posted by tribratanewsbantul on 09:03

Pengajian Rutin yang diikuti PNS, TNI/POLRI, BUMD dan BUMN di Lingkungan Pemkab Bantul Saat ini di hampir semua media massa baik cetak, elektronok maupun online baru marak tersebar bemacam isu yang berisi menjelekan, menyerang yang bertujuan kearah yang negatif terhadap pihak lain yang dianggap musuh kelompoknya.

"Seorang atau kelompok yang merasa bersaing secara tidak sehat cenderung akan memandang negatif kelompok pesaingnya. Hal ini mengundang masyarakat untuk terlibat secara emosional. Makannya orang beriman tidak boleh terpancing bermacam isu tersebut," terang Ustadz Wahib Jamil, S Ag. M Pd. dari Kanwil Kemenag DIY saat menyampaikan tausiyahnya pada acara Pengajian Rutin bagi PNS, TNI/POLRI, BUMD, BUMN di Kabupaten Bantul Tahun 2017 bertempat di Masjid Agung, Selasa pagi,14 Februari 2017.

Hadir pula dalam acara tersebut Bupati Bantul Drs. Suharsono, Sekda kabupaten Bantul, Forkompinda, beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemkab. Bantul.

Dalam tausyiahnya yang bertema Sikap Umat Islam di Era Informasi dan Teknologi tersebut HM Wahib Jamil menceritakan bahwa pada beberapa tahun lalu ada lima mahasiswa Amerika yang berhasil menciptakan sebuah portal video sebagai wahana berbagi informasi dengan komunitasnya lewat gambar video yang diberi nama 'Youtube' . Penemuan tersebut beberapa waktu kemudian ditangkap oleh pemilik 'Google', dan dibelilah Youtube tersebut sehingga bisa di akses oleh masyarakat dunia sebagai wahana penyampai informasi yang hingga saat ini sangat diminati.

"Sebagai umat Islam kita harus pandai memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut untuk sesuatu yang bermanfaat, terutama untuk kemajuan umat di berbagai bidang," tambah ustadz Wahib. Jika kita bisa memanfaatkan teknologi informasi tersebut dengan baik dan bermanfaat maka akan memberikan kemanfaatan kepada banyak umat, bahkan kita bisa menguasai dunia. Namun jika kita gunakan media tersebut dengan sesuatu yang negatif, maka akan berdampak yang tidak baik pula terhadap masyarakat dunia.

Dalam pergaulan sehari-haripun, tambah ustadz, kita sering mendapat informasi yang tidak baik dari teman kerja atau juga di lingkungan masyarakat . Kita tidak boleh cepat emosi dan berprasangka buruk. "Kita harus bisa melakukan muhasabah atau klarifikasi demi menuju kepada sesuatu yang terbaik," tegas ustadz Wahib.

Ustadz juga mengajak hadirin sebagai umat islam yang menjadi PNS untuk aktif berzakat dan bernifak dari sebgaian peghasilanya, agar dapat meningkatkan kesejahteraan umat dan juga bisa mempercepat pembangunan daerah. (Bag Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:03

0 komentar:

CB