Kini Polsek Tipe Urban Polres Bantul Miliki Alat Pindai Sidik Jari Canggih

Posted by tribratanewsbantul on 13:00

Kaurident Sat Reskrim Polres Bantul Aiptu Tono Wibowo, menyerahkan  alat canggih bernama Mobile Automatic Multi Biometric Identification System atau MAMBIS kepada 9 Polsek Tipe Urban Jajaran Polres Bantul, Selasa, 28 Februari 2017.

Aiptu Tono Wibowo menjelaskan penyerahan alat ini adalah dalam rangka menunjang kinerja Polsek Jajaran untuk mengungkap suatu kasus kejahatan. Kecanggihan dari alat ini adalah bisa mengetahui identitas seseorang dengan cepat hanya dengan memindai sidik jari atau iris mata. Kemudian akan muncul data identitas sesuai dengan yang tercantum di e-KTP.

Sebab MAMBIS atau Sistem Identifikasi Multibiometrik Otomatis ini terhubung dengan database kependudukan, dalam hal ini database e-KTP milik Kementerian Dalam Negeri..

Ditambahkannya, hanya dengan memindai sidik jari atau iris mata, jati diri korban kejahatan atau pembunuhan serta pelaku kejahatan tanpa identitas bisa diketahui dalam hitungan detik. Dan akan muncul data diri di layar meliputi nama lengkap, alamat dan wajah sesuai rekaman pada e-KTP. “Dengan alat ini selama kondisi sidik jari jenazah tidak mengalami kerusakan maka Mambis sangat efektif untuk mengungkap identitas jenazah atau orang yang linglung,” imbuhnya.

Aiptu Tono mencontohkan, salah satu contoh kasus yang berhasil diungkap Polres Bantul dengan bantuan alat MAMBIS adalah kasus pembunuhan yang menimpa Sih Miranti yang terjadi di Landasan Pesawat Pantai Depok Desa Parangtritis, Kretek, Bantul pada Maret 2016 lalu.

Dimana saat ditemukan kondisi mayat Sih Miranti telah dalam keadaan membusuk dan tanpa identitas. Akan tetapi jempol kanan korban tidak ikut membusuk melainkan hanya mengering. Identifikasi Sat Reskrim Polres Bantul kemudian melakukan proses pemindaian sidik jari jempol kanan mayat dengan alat MAMBIS.

Sebelum diserahkan, terlebih dahulu para calon operator alat MAMBIS Polsek Jajaran, diberikan pelatihan cara pengoperasiannya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:00

0 komentar:

CB