Bhabinkamtibmas Desa Argosari Hadiri Kegiatan Rembug Stunting

Posted by tribratanewsbantul on 10:34

Bhabinkamtibmas Desa Argosari Aipda Agus Muslim mengikuti kegiatan Rembug Stunting di Balai Desa Argosari, Sedayu, Bantul, Rabu (15/7/2020) pukul 09.00 WIB.

Hadir diantaranya Lurah Desa Argosari, Bhabinkamtibmas Desa Argosari, Babinsa Argosari, BPD Argosari, Puskesmas Sedayu 1, Kader Posyandu, KPM (Kader Pembangunan Manusia) , Perwakilan Dukuh dan Sanitari Desa.

Rembug Stunting merupakan salah satu program prioritas Desa Argosari yang telah digagaskan oleh Lurah Desa Argosari bersama Puskesmas Sedayu 1 untuk menjadi bahan usulan dalam Musdes RKPDes Tahun Anggaran 2021.

Kepala Puskesmas Sedayu 1 dr. Sistia Utami sangat berharap agar “peduli stunting” bisa menjadi kegiatan yang diprioritaskan, karena stunting sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Mulai saat bayi berada di kandungan ibu hingga proses tumbuh kembang setelah dilahirkan, agar perkembangan anak  baik  perkembangan otak dan seluruh organ tubuh anak berkembang secara optimal sesuai dengan perkembangan usia anak.

Faktor yang menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan dan angka kejadian infeksi di awal kehidupan seorang anak. Selain itu, juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Akan tetapi, sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi.

Dalam rembug Stunting juga disampaikan langkah–langkah untuk mencegah stunting, antara lain dengan melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, menghindari asap rokok dan memenuhi nutrisi yang baik selama masa kehamilan. Yakni dengan menu sehat seimbang, asupan zat besi, asam folat, yodium yang cukup, melakukan kunjungan secara teratur ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Setiap bulan ketika anak berusia 0 sampai 12 bulan, setiap 3 bulan ketika anak berusia 1 sampai 3 tahun, setiap 6 bulan ketika anak berusia 3 sampai 6 tahun, setiap tahun ketika anak berusia 6 sampai 18 tahun. Mengikuti program imunisasi terutama imunisasi dasar, memberikan ASI eksklusif sampai anak berusia 6 bulan dan pemberian MPASI yang memadai. Selain itu, harus diperhatikan kebersihan lingkungan, ketersediaan air bersih dan sanitasi. (Humas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:34

0 komentar:

CB