Aipda Wawan Giyarto,S.Psi, Puskesmas Sewon 1, Dan Pemerintah Pendowoharjo Laksanakan Sosialisasi Wolbachia

Posted by tribratanewsbantul on 12:46

Bhabinkamtibmas Polsek Sewon Kalurahan Pendowoharjo Aipda Wawan Giyarto,S.Psi, bersama sama dengan , Puskesmas Sewon 1, Babinsa Koramil 04/Sewon dan Pemerintah Kalurahan Pendowoharjo, melaksanakan sosialisasi tentang bakteri Wolbachia, di wilayah kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul, Jumat (20/05/2022), siang.

Sebelum mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut Aipda Wawan menjelaskan Wolbachia adalah sejenis bakteri yang ada pada sel tubuh serangga dan ditemukan di beberapa serangga seperti ngengat, lalat buah, kumbang hingga nyamuk. Namun, bakteri tersebut tidak ada pada nyamuk aedes aegypti sebagai vektor yang menularkan virus dengue.

“Bakteri wolbachia diketahui dapat menekan replikasi virus dengue karena bakteri tersebut mampu berkompetisi dengan virus saat merebut makanan di sel tubuh nyamuk. Bakteri juga diketahui tidak bisa ditularkan ke manusia oleh nyamuk” jelas Aipda Wawan.

Aipda Wawan menambahkan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan cara berkeliling dengan mempergunakan mobil operasional Puskesmas Sewon 1 , di mana mobil tersebut dipasang pengeras suara, dan masuk ke dusun-dusun, dengan harapan masyarakat akan paham tentang manfaat dari bakteri Wolbachia, dalam menekan penularan wabah demam berdarah. (Humas Polsek Sewon)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:46

0 komentar:

CB