Kapolres Bantul Hadiri Launching WoW Mantul, Program Pelengkap Pengendalian DBD

Posted by tribratanewsbantul on 12:39

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih melaunching WoW Mantul (Wolbachia Wis Masuk Bantul) di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Komplek Parasamya II Pemda Bantul, Selasa (24/5/2022).

Kegiatan bertajuk Besanan Nyamuk WoW Mantul ini juga dihadiri Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK.

WoW Mantul merupakan program pelengkap pengendalian DBD di Bantul yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan WMP Yogyakarta dan didukung oleh Yayasan Tahija.

Dalam sambutannya Bupati Bantul mengatakan, WoW Mantul merupakan inovasi dalam penanganan DBD. Untuk itu, seluruh warga harus bersatu padu mendukung program ini.

Bupati menyambut baik inovasi dalam pengendalian DBD ini. Dengan melakukan penitipan ember berisi telur nyamuk, diharapkan nyamuk aedes aegypti yang ber-Wolbachia akan kawin dengan nyamuk Bantul. sehingga proses besanan nyamuk ini akhirnya akan menghasilkan keturunan nyamuk yang sudah tidak lagi menularkan virus dengue ke manusia.

“Ini sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Bantul dalam meningkatkan kesehatan masyarakat Bantul. saya mengajak warga Bantul dan seluruh pemangku kepentingan di Bantul untuk mendukung jalannya program WoW Mantul, sehingga beban masyarakat karena penyakit dengue bisa berkurang,” ujar Bupati.

Menurutnya, bahwa dengan meratanya jentik Wolbachia di 500 Padukuhan di Kabupaten Bantul diharapkan DBD di wilayah Bantul dapat ditekan semaksimal mungkin.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Agus Budi Raharja SKM M.Kes menyampaikan bahwa Wolbachia bisa menekan perkembangan virus dalam tubuh nyamuk, harapannya dengan ini semua nyamuk mengandung Wolbachia dapat menekan DBD di wilayah Bantul.

Ia menambahkan, teknologi Wolbachia telah terbukti efektif menurunkan 77% kasus DBD dan menurunkan 86% kasus DBD yang dirawat di rumah sakit dari hasil kajian uji efikasi yang dilakukan oleh WMP Yogyakarta.

Adapun metodenya dengan meletakkan ember dan menitipkan telur nyamuk ber-Wolbachia yang diimplementasikan di daerah dengan kasus DBD dan kepadatan penduduk yang tinggi di Bantul.

Sementara itu, launching WoW Mantul tersebut ditandai dengan peletakan telur nyamuk ber-Wolbachia ke dalam satu wadah berisi air oleh Bupati Bantul. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:39

0 komentar:

CB