Lomba Kalpataru Katagori Perintis Lingkungan Tingkat Prov. DIY Th 2019 Di Pantai Pelangi Parangtritis

Posted by tribratanewsbantul on 07:52

Bhabinkamtibmas desa Parangtritis Aiptu Sukarso menghadiri kegiatan lomba kalpataru kategori perintis Lingkungan tingkat DIY tahun 2019 di pantai pelangi Grogol IX, Parangtritis, Kretek. Kamis, (11/04/2019) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Badan Lingkungan Hidup kabupaten Bantul, Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH,Kepala Puskesmas Kretek dr. Yuni Astuti Lurah Desa Parangtritis dan Babinsa desa Parangtritis Sertu Legiman.

Sarwidi selaku ketua Penetasan penyu di pantai Pelangi, menjelaskan bahwa tujuan Penetasan penyu untuk pelestarian agar tidak punah dan juga untuk tujuan belajar maupun penelitian.

Kegiatan dimulai tahun 2012, sebelumnya penyu yang bertelur disembarang tempat dicari warga dan di jual, setelah ada tempat penetasan itu warga yang mendapat telur langsung di bawa ke tempat penetasan dan dibelinya dengan harga satu butir telur Rp 2000.

Sejak 2012 sampai sekarang hasil penetasan semakin meningkat, itu semua di dukung oleh warga masyarakat yang yang mempunyai kesadaran tinggi turut melestarikan lingkungan hidup terutama penyu yang semakin punah, jelasnya.

Sedangkan Kliwon selaku ketua tim sangat mengapresiasi usaha pelestarian penyu di kawasan Desa Parangtritis dan menghimbau kepada pengelola agar disepanjang pantai ini diberi tulisan/himbauan penyelamatan penyu, datakan setiap tahunnya,pelepasan tukik agar di kaji  pada umur berapa harus di lepas kelaut agar bisa hidup dengan baik dan perlunya pemetaan tempat bertelur penyu.

Lebih lanjut disampaikan bahwa konserfasi  penyu ini mempunyai tujuan dalam aspek Edukasi,Pendidikan,Ekonomi dan sosial masyarakat. Untuk itu Perlunya Pembuatan SK pendirian penetasan penyu dari desa Parangtritis, tutupnya. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:52

0 komentar:

CB