Apa sih PPA itu?

Posted by tribratanewsbantul on 13:37

Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) merupakan unit khusus di bawah Fungsi Reskrim. Kenapa khusus? Khusus dimaksudkan dalam hal penanganan para korban, saksi atau tersangka yang melibatkan wanita dan anak sehingga memerlukan hal yang khusus dalam penanganannya.

Latar belakang pendirian Unit PPA sesuai dengan namanya, yaitu difokuskan pada penanganan para wanita dan anak yang memang sangat rentan sekali terhadap kekerasan baik fisik maupun seksual, hal ini disebabkan karena dalam strata kemasyarakatan kita posisi mereka berada pada posisi lemah.

Untuk itu petugas Unit PPA juga harus mendapatkan pelatihan khusus tentang teknik dan taktik mengenai penanganan bagi para korban. Baik personel maupun ruang pemeriksaannya juga khusus sehingga tidak menimbulkan trauma yang lebih jauh dari para korbannya. Bagaimana menangani wanita dan menangani anak tidaklah sama, semuanya memerlukan kiat khusus sehingga pemeriksaan yang dapat dilakukan secara maksimal.

Kenapa dalam Unit PPA peran Polwan sangat diutamakan? Tentu karena sifat lembut dan keibuan seorang Polwan dalam menangani korban anak-anak dan perempuan. Contoh saja, dalam penanganan kasus pemerkosaan terhadap perempuan atau anak. Dalam kasus ini, korban pemerkosaan pasti secara psikologis akan malu dan sangat ragu untuk menceritakan hal yang telah dialami kepada seseorang yang asing terlebih seorang pria. Sehingga keterangan yang didapatkan oleh petugas pada ujungnya akan kurang jelas. Di sinilah peran Polwan sangat dibutuhkan sekali, dengan sifat dasar wanita yang dimilikinya diharapkan Polwan dapat menyelesaikan kasus mengenai perempuan dan anak dengan baik. (Bripda Fatimah Nur Zamzammah)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:37

0 komentar:

CB