Labuhan Alit Di Pantai Parangkusumo Kretek

Posted by tribratanewsbantul on 12:20

Kapolsek Kretek Kompol Salim menghadiri prosesi labuhan alit di Pantai Parangkusumo, Padukuhan Mancingan, Desa Parangtritis dalam rangka jumenengan Ngarso Dalem Sri Sultan HB X, Kamis, 27 April 2017.

Kegiatan dihadiri oleh KRT Widyo Pamungkas SE minongko utusan Dalem ingkang sinuwun ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono ingkang jumeneng kaping sedoso, mewakili Bupati Bantul staf bidang SDM Purbo Hadiningrat SH MM , Sekretaris Dinas Pariwisata Kab Bantul R Jati Bayu Broto SH Msi, Para Pungowo dan abdi Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X, Camat Kretek Harso Wibowo SH Msi dan jajaran, Kepala Instansi terkait se Kec Kretek, Lurah dan pamong desa se Kec. Kretek, Kepala sekolah SD SMP dan SLTA se Kec. Kretek, dan Mahasiswa UGM.

Adapun ubo rampe yang dilabuh antara lain ageman Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X dan umbo rampe ageman Garwo Dalem GKR Hemas antara lain Sinjang cinde ijem, sinjang cangkring, semekan solok, semekan gadung, semekan gadung mlati dan masih banyak lagi ageman yang dilabuh dengan harapan keraton kawulo dan negara pada umumnya selamat dari mara bahaya.

Adapun rangkaian kegiatan labuhan dari Kraton Ngayojokarto diterima oleh Camat Kretek Harso Wibowo SH Msi beserta Muspika dipendopo Kecamatan Kretek. Tidak ketinggalan dalam kegiatan ini Siswa/wi SD Parangtritis 2 menyambut kedatangan labuhan ini di depan sekolah dengan iringan Drum Band dan ikut mengawal sampai pendopo Parangkusumo. Namun sebelum uborampe dilabuh dilaut Parangkusumo terlebih dahulu disemayamkan di cempuri pendopo Parangkusumo.

Labuhan tersebut dilakukan oleh tim SAR Parangtritis disaksikan ribuan pengunjung pantai. Setelah umbo rampe dilabuh diperebutkan oleh para pengunjung dengan tujuan ngalap berkah Ngerso Dalem, mereka berebut untuk memiliki barang yang dilabuh tersebut.

Demi keamanan dan kelancaran kegiatan labuhan, anggota Polsek Kretek melaksanakan pengamanan dan pengawalan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:20

0 komentar:

CB