Acara Puncak Peringatan Hari Kartini Di Balai Desa Sendangsari

Posted by tribratanewsbantul on 03:00

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri acara puncak peringatan hari Kartini di Balai Desa Sendangsari Pajangan Bantul yang bertemakan "Dengan Semangat Kartini Wujudkan Emansipasi Wanitia Mandiri Dan Berdidikasi", Jumat (21/4/2017) jam 13.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Ketua TP.PKK Desa Sendangsari Suprihatin, S. E., Ketua TP.PKK Desa Guwosari Umi Suharto, Ketua LPMD Desa Sendangsari Bpk. Dalijo, Poniyati, S.Pd Ketua Penyelenggara, Pamong, Dukuh, PKK tingkat Dusun Desa Sendangsari dan para pemenang/wakil lomba peringatan hari Kartini Desa Sendangsari.

Ketua penyelenggara Poniyati SPd menjelaskan kegiatan ini merupakan program kerja pengurus PKK Desa Sendangsari Tahun 2017. Serangkaian perlombaan mulai dari lomba Mars PKK dan Maret Desa Sendangsari, lomba memasak dengan bahan umbi-umbian dan keluwesan berbusana Yogyakarta bertujuan untuk memasyarakatkan Mars PKK dan mars Desa Sendangsari, memasyarakatkan produk pangan lokal dengan bahan umbi-umbian dan melestarikan penggunaan pakaian adat khususnya Yogyakarta.

Lurah Sendangsari dalam sambutannya mengatakan kita menuju Desa Budaya, lomba keluwesan berbusana Yogyakarta merupakan salah satu usaha kita dari Desa rintisan Budaya menuju Desa Budaya. Catatan penting dengan kegiatan ini kita bisa melakukan evaluasi. Ada 91 RT di Desa Sendangsari, penggunaan dana Desa tidak ada pembatasan, yang terpenting ada aksi, bermanfaat untuk kemajuan Desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta membuat laporan tanggung jawab setiap kegiatan.

Ketua TP.PKK Desa Sendangsari Suprihatin, S. E. Menyampaikan, tema peringatan "Dengan Semangat Kartini Wujudkan Emansipasi Wanitia Mandiri Dan Berdidikasi". Wanita Desa Sendangsari harus bisa mandiri dan penuh pengabdian, baik dalam keluarga maupun di masyarakat. Dengan tetap berpedoman pada Panca Dharma Wanita :

1. Wanita sebagai pendamping suami
2. Wanita sebagai penerus keturunan
3. Wanitasbg pendidik putera
4. Wanita sebagai pencari nafkah tambahan
5. Wanita sebagai anggota masyarakat.

Wanita Desa Sendangsari harus mempunyai dedikasi tidak bermalas malasan namun harus menjadi wanita yang kuat, tangguh, mandiri dan penuh pengabdian.

Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan Selamat hari Kartini kepada Ibu-ibu yang hadir. Di era kolonialisme ada sesosok wanita RA. Kartini yang memperjuangkan emansipasi wanita. Mari kita contoh RA. Kartini untuk berkarya di bidang masing-masing tanpa meninggalkan kodratnya sebagai wanita. Tingkatkan peranan wanita baik di tingkat RT, Dukuh dan Desa. Apresiasi dari Pemerintah Kecamatan Pajangan atas terselenggaranya acara ini.

Acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah kepada para pemenang perlombaan peringatan hari Kartini Desa Sendangsari Tahun 2017. Para pemenang mendapatkan sejumlah uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pajangan melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan man tertib.  (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 03:00

0 komentar:

CB