Kirab Tebu Manten Di Madukismo

Posted by tribratanewsbantul on 19:51

Jumat, 21 April 2017 pukul 14.00 wib personil Polsek Kasihan mengamankan dan mengawal Kirab Tebu Manten pabrik gula Madukismo dalam rangka Buka Giling dan Suling Madukismo dusun Padokan Tirtonirmolo Kasihan Bantul tahun 2017.

Adapun rute kirab Tebu Manten Start dari Gedung Maducandya mengelilingi Pabrik Madukismo dan finish masuk dalam Pabrik Madukismo, kemudian dilanjutkan tradisi penanaman kepala Kerbau dan sapi di depan tempat penggilingan tebu dengan maksud dan tujuan agar selama proses giling tebu mendapat keselamatan keamanan dan sukses tidak ada korban jiwa di dalam pabrik madukismo dan sekitarnya. Kirab tebu Manten diikuti pasukan bregodo, Drum Band, Jatilan, Petani dan lain lainya berlangsung meriah.

Hadir dalam kirab tebu Manten Menteri Perdagangan bapak Enggartiasto Lukito, Gusti Mangkubumi Gusti Pembayun, Wakil Bupati Bantul  H. Abdul Halim Muslih, KA UPT  Kasihan Suwardi, M. S.Pd, Kepala KUA Kasihan Drs. H. Imam Mawardi, Direktur PG Madukismo Ir. Rahmad Edy Cahyono, M.M.Si., Kepala Puskemas Kasihan  II Eko Budi Santoso. SST. M.Kes., Lurah desa Tirtonirmolo Drs H. M Marwan MS, SH, Tamu undangan dan ribuan penonton.

“Tebu manten ini sebuah tradisi yang sudah turun-temurun di Pabrik Gula Madukismo dan sampai sekarang terus kita lestarikan. Tebu manten mempunyai makna mengawinkan tebu laki-laki dan tebu perempuan, yang bisa melahirkan anak yang banyak. Kita ambil filososfinya, sehingga kita harapkan hasil panen tebu dalam musim giling kali ini akan melimpah,” terang Direktur Pabrik Gula Madukismo, Rahmat Edy Cahyono.

Sementara dalam tradisi ini, tebu manten kemudian diserahkan dari karyawan bagian lapangan kepada karyawan bagian produksi. Selanjutnya, tebu manten dimasukkan dalam mesin giling untuk dilakukan penggilingan pada Sabtu Legi 6 Mei 2017 yang akan datang.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan berakhir dalam situasi aman tertib (Sihumas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:51

0 komentar:

CB