Polres Bantul Gelar Operasi Patuh Progo 2021

Posted by tribratanewsbantul on 10:02

Polres Bantul menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Patuh Progo 2021 yang dilaksanakan serentak di seluruh jajaran Kepolisian di Indonesia, mulai 20 September hingga 3 Oktober 2021.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Operasi Patuh Progo 2021 adalah untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, serta meningkatkannya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sasarannya segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan laka lantas, serta lokasi penyebaran Covid-19,” ujar Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK usai memimpin apel gelar pasukan di Mapolres Bantul, Senin (20/9/2021).

Ia menuturkan, selama pelaksanaan Operasi Patuh 2021, pihaknya lebih mengedepankan tentang mengingatkan masyarakat atau pengguna jalan untuk disiplin protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sedangkan untuk penegakan disiplin berlalu lintas, ditujukan pada pelanggar yang kasat mata. Target khusus untuk pelanggar lalu lintas misalnya seperti pengguna knalpot bising, tidak memakai helm, pemakai rotator oleh orang yang tidak berhak, lawan arus, balapan liar dan lainnya.

Ihsan berharap petugas di lapangan dapat memprioritaskan pada kegiatan yang mampu mewujudkan rasa simpatik masyarakat, diantaranya melaksanakan pembinaan dan penyuluhan akan pentingnya protokol kesehatan serta upaya dalam rangka mendukung program vaksinasi nasional, melakukan edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran tertib berlalu lintas kepada masyarakat serta melaksanakan publikasi tertib berlalu lintas dan pentingnya protokol kesehatan melalui media massa serta media sosial.

“Kita laksanakan dengan humanis,” ucapnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk selalu menaati aturan lalu lintas dan melengkapi surat-surat kelengkapan berkendara seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK). 

“Yang penting juga periksa kendaraan sebelum digunakan untuk menghindari kecelakaan akibat tidak laiknya kendaraan,” pungkasnya.

Dalam Gelar Pasukan ini, Kapolres Bantul menyematkan pita operasi berwarna biru putih, sebagai tanda dimulainya Operasi Patuh Progo 2021. Dalam operasi kali ini Polres Bantul menerjunkan sebanyak 157 personel dibantu oleh personel dari TNI, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan dan Satpol PP. (Humas Polres Bantul)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:02

0 komentar:

CB