Wakapolsek Kasihan Hadiri Upacara Harkitnas Ke-114

Posted by tribratanewsbantul on 15:12

Wakapolsek Kasihan AKP Sukris Sigit P menghadiri upacara virtual memperingati Hari Kebangkitan Nasional di Pendowo Kapanewon Kasihan, Kasihan, Bantul, Jumat (20/5/2022).

Kegiatan upacara ini disiarkan secara langsung dari Lapangan Paseban Bantul. Adapun tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 adalah Ayo Bangkit Bersama.

Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 Kabupaten Bantul bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bupati Bantul, H. Hbdul Halim Muslih.

Dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Disampaikan bahwa Harkitnas adalah salah satu peringatan penting bagi bangsa Indonesia.

Harkitnas diperingati untuk mengingat momentum perjuangan rakyat Indonesia yang ditandai dengan lahirnya sebuah organisasi bernama Budi Utomo pada 1928.

Melaui peringatan ini pemerintah mengajak masyarakat untuk mulai bangkit dari pandemi Covid-19.

Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka
5.00 kasus (Data per 13 Mei 2022).

Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Penanganan Covid-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional. Perekonomian Indonesia pada triwulan I-2022 terhadap triwulan I-2021 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen (y-on-y). Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali Administrasi Pemerintahan dan Jasa Pendidikan.

Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger”, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.

Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19, tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat. Indonesia terus mendorong negara-negara anggota G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan siap berkolaborasi serta menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dan kemanusiaan dapat merasakan dampak nyata dari kerja sama ini. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 15:12

0 komentar:

CB