Polres Bantul Dapat Penghargaan Dari TRC PPA Dan Komnas PA

Posted by tribratanewsbantul on 10:59

Kepolisian Resor Bantul, Polda D.I. Yogyakarta mendapatkan penghargaan dari Tim Reaksi Cepat Perlindungan Perempuan & Anak (TRC PPA) dan Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA).

Penghargaan diberikan atas dedikasi dan kerja keras dalam pengungkapan kasus kejahatan anak dan penyelesaian beberapa kasus pernikahan dini diwilayah hukum Polres Bantul.

Penghargaan diterima langsung oleh Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono SIK MH, Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Ngadi SH MH, Kanit PPA Polres Bantul Aipda Mustafa Kamal SH dan Bhayankari Polres Bantul Made Dyah Agustina S.Pd M.Sn.

Penyerahan penghargaan digelar di Aula Wira Pratama Mapolres Bantul, Jumat (9/4/2021).

“Terimakasih banyak kepada TRC PPA dan Komnas PA atas penghargaan yang diberikan kepada kami,” kata Kapolres Bantul, usai terima penghargaan.

Ia menyatakan, bahwa pengharagaan tersebut akan menjadi motivasi bagi seluruh personel Polres Bantul untuk melayani dan bekerja lebih baik dalam mewujudkan perlindungan perempuan dan anak.

Sementara itu, Sekjen Komnas Anak, Danang Sasongko mengatakan Kabupaten/kota Layak Anak harus diawali dengan komitmen semua pihak.

Kabupaten/Kota harus mempunyai system pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

“Dan diversi merupakan point penting dalam mewujudkan Kabupaten/kota Layak Anak,” ujarnya.

Danang juga mengaku jika pernikahan dini saat ini menjadi isu Nasional. Peran semua pihak sangat dibutuhkan untuk meredam semua itu, termasuk peran dari orang tua.

“Kita sangat berharap peran orang tua aktif memutus mata rantai kekerasan terhadap anak maupun mencegah terjadinya pernikahan dini,” harapnya.

Lalu, Ketua TRC PPA, Jeni Claudia Lumawa sendiri menyampaikan bahwa pihaknya optimis jika bermitra dengan TNI-Polri untuk bisa memutus rantai kejahatan terhadap perempuan dan anak.

“Tim ini berdiri secara independen, namun tidak akan sejalan tanpanya ada kerjasama dari semua pihak termasuk pemerintah dan unsur terkait seperti TNI-Polri,” ucapnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:59

0 komentar:

CB