Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Hadiri Pelatihan PPGD

Posted by tribratanewsbantul on 06:20

Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo, Aiptu Supomo, menghadiri kegiatan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kegawat Daruratan (PPGD) yang digelar di Pendopo Balai Desa Wonolelo, Pleret, Bantul. Rabu (2/9/2019) malam.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Kuswantoro dari PMI Bantul sebagai Pemateri, Waluyo dari PMI Kecamatan Pleret dan diikuti perwakilan FPRB Wonolelo, Kader Kesehatan serta TP PKK Desa Wonolelo.

Dalam materinya, Kuswantoro dari PMI Bantul menyampaikan tentang teknis dalam menangani pasien atau korban.

Disampaikan pula tentang tiga hal orientasi dalam melakukan pertolongan, yaitu pastikan jiwanya harus selamat, jangan sampai pasien menjadi cacat dan harus sebisa mungkin memberikan kenyamanan kepada pasien atau korban agar menunjang kesembuhannya.

Ia juga menyampaikan enam langkah dalam melakukan pertolongan, antara lain cek keadaan keseluruhan, cek penilaian atau pemeriksaan dini, cek penilaian fisik, cek masalah penyakit penderita, cek berkala dan membuat laporan.

Sementara itu, pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan relawan dan kader maupun masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama pada kegawat daruratan. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:20

0 komentar:

CB