Kabaglog Polres Bantul Hadiri Puncak Peringatan HKSN Kabupaten Bantul Tahun 2021

Posted by tribratanewsbantul on 10:52

Kapolres Bantul yang diwakili Kabaglog AKBP S. Parmin menghadiri Apel Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Kabupaten Bantul Tahun 2021 di halaman TMP (Taman Makam Pahlawan) Kusuma Bangsa, Bantul, Selasa (7/12/2021).

Apel dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, Sekda Kabupaten Bantul Drs. Helmi Jamharis MM, Kabaglog Polres Bantul AKBP S. Parmin, Pjs. Pasipers Kodim 0729/Bantul Kapten Cpl Sunarto.

Hadir pula Plt. Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekda Bantul Drs. Edy Bowo Nurcahyo MA, Ketua Cabang LVRI Kabupaten Bantul Muraji, Plt. Kepala Dinas Sosial PPPA Kabupaten Bantul Gunawan Budi Santoso S.Sos MH, Ketua IPSM Kabupaten Bantul Sulastri, Pengurus dan Anggota Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Bantul, Koordinator FK TKSK Kabupaten Bantul Harjiman dan FK TKSK Kabupaten Bantul.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo selaku pembina apel menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bantul mengucapkan selamat memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2021.

Dikatakan, peringatan ini menjadi tahun kedua peringatan HKSN dalam masa pandemi Covid-19. Semoga akan menjadi momentum untuk memperkuat kesetiakawanan dan solidaritas sosial. Hal ini sesuai dengan tema besar HKSN pada tahun 2021, yaitu "Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera".

“Dengan semangat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, mari kita galang rasa kesetiakawanan sosial melawan Covid-19,” kata Wakil Bupati.

Kesetiakawanan sosial pada masa pandemi ini, lanjutnya, diwujudkan dengan cara yang sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi esensi dari nilai kesetiakwanan, bahkan lebih mendorong tumbuhnya sikap dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan, kesetiaan, kebersamaan, toleransi, dan tidak diskriminasi terutama dimasa pandemi Covid-19.

Menurutnya, Hari Kesetiakwanan Sosial Nasional menjadi sebuah pemacu bagi masyarakat Indonesia untuk bangkit. Pembatasan jarak bukan menjadi sekat untuk berkarya. Mematuhi protokol kesehatan menjadi perisai untuk tetap kuat dan saling menjaga.

“Melalui peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2021, saya mengharapkan kiranya dapat menggugah kesadaran kita bersama untuk menerapkan rasa kesetiakwanan sosial, peduli, berbagi dan gotong royong dalam menanggulangi dampak pandemi serta permasalahan sosial lainnya,” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati menyakini, apabila nilai-nilai kesetiakawanan sosial dapat diterapkan dan dibudayakan dengan baik, maka seluruh tantangan dan permasalahan bangsa bisa dihadapi dengan baik. Bukan hanya dampak pandemi Covid-19 tetapi juga permasalahan lainnya. Penanganan dampak pandemi Covid-19 dan permasalah sosial bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Namun menjadi tanggung jawab segenap elemen masyarakat.

Oleh karena itu, Wakil Bupati mengajak melalui peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ini, kita berlomba-lomba memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara, sehingga bangsa Indonesia dapat mengatasi segala permasalahan yang ditimbulkan akibat dampak Covid-19 serta dampak dari permasalahan sosial lainnya.

“Mari kita lawan pandemi covid-19 dan meningkatkan kepedulian serta kesukarelawanan kita terhadap lingkungan sekitar  dengan menjadi pejuang kemanusiaan. Banyak yang dapat kita lakukan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan tentunya untuk bangsa dan negara. Semoga kesemuanya ini dapat menjadi bagian dari upaya kita bersama untuk membangun masa depan yang lebih baik,” tutup Wakil Bupati.

Setelah kegiatan apel, dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan sebagai wujud penghomatan kepada para pahlawan bangsa yang telah gugur. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:52

0 komentar:

CB