Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Bantu Giat Gerakan Pengendalian OPT Dengan Agensi Hayati Pada Tanaman Padi

Posted by tribratanewsbantul on 09:30

Bersama dengan kelompok Tani Raharjo Kranggan, Murtigading, Sanden, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden Aiptu Sabari turut hadir membantu kegiatan Gerakan Pengendalian OPT (Organisme Pengganggu Tanaman /hama) dengan agensi hayati pada tanaman padi.

Acara dilaksanakan di lahan pertanian bulak Dusun Kranggan Murtigading, Sanden, Bantul yang merupakan salah satu program kerja dari Dinas Pertanian Kabupaten Bantul, Senin (14/01/2019) pukul 15.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh Dinas Ketahanan Pangan Propinsi DIY, Perwakilan Dinas Pertanian Pangan Kehutanan dan Perikanan Bantul, Perwakilan UPTD BPTP Bantul, Forkompincam Sanden, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Polsek Sanden Aiptu Sabari, Babinsa, Lurah Desa Murtigading dan Badan Pelaksana Penyuluh Kecamatan Sanden.

Tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut untuk membantu petani dalam meningkatkan produksi swasembada pangan, sehingga dengan tercapainya swasembada pangan maka ketahanan pangan akan terwujud.

Bapak Widodo dari Dinas Pertanian menjelaskan bahwa Agensia Hayati adalah setiap organisme yang dalam tahap perkembangan ya dapat digunakan dalam pengendalian OPT pada proses produksi dan pengolahan hasil pertanian. Beberapa contoh agensia hayati diantaranya predator seperti laba laba, capung, tomcat dan belalang yang memakan atau membunuh binatang lainya.

Kelebihan agensia hayati ini hanya menyerang hama sasaran, sudah tersedia di alam, bisa mencari sasaran sendiri, lebih murah dan tidak menimbulkan resistensi OPT sasaran serta tidak menimbulkan efek samping" ujar Widodo.

Kegiatan dilanjutkan dengan mempersiapkan agensia hayati yang akan di gunakan untuk menyemprot tanaman padi milik petani, selanjutnya dilaksanskan penyemprotan agensia hayati pada tanaman padi dan berakhir pukul 17.00 WIB. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:30

0 komentar:

CB