Kapolsek Sanden Pimpin Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Kelompok Tani Manunggal Srigading

Posted by tribratanewsbantul on 12:18

Anggota Polsek Sanden dipimpin Kapolsek Sanden AKP Tukirin melaksanakan pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Kelompok Tani Manunggal Srigading di TPR Samas, Srigading, Sanden, Rabu (26/8/2020).

Aksi unjuk rasa Kelompok Tani Manunggal dilakukan terkait dengan rencana pembongkaran bangunan STA (Sub Terminal Agribisnis) yang akan dibangun Kantor Pusat salah satu BMT di Sanden. Kondisi STA yang berlokasi di Jalan Samas, Dusun Tegalsari, Srigading atau tepatnya di sebelah selatan TPR Samas saat ini kondisinya rusak dan sudah hampir 8 tahun tidak difungsikan.

Ketua Kelompok Lelang Hasil Pertanian sekaligus koordinator aksi unjuk rasa, Sunardi menjelaskan, bahwa STA dibangun PU di atas tanah SG sekitar tahun 2008. Selesai dibangun PU kemudian digunakan Kelompok Tani Manunggal sebagai tempat lelang hasil pertanian utamanya cabai merah. Sejak tahun 2013, karena rusak bangunan sudah tidak dipakai lagi dan lelang hasil pertanian dipindahkan ke salah satu rumah warga.

Karena akan dibangun kantor BMT, kelompok tani menolaknya dengan alasan akan diperbaiki lagi dan akan digunakan sebagai tempat lelang hasil pertanian kembali.

Sementara itu, perwakilan dari BMT mengatakan, pihaknya sudah mengajukan ijin ke Dinas Pertanian, Tata Ruang Bantul dan Panitikismo Kraton selaku pemilik lahan SG. Karena merasa sudah ada ijin maka akan segera dibangun kantor.

Menanggapi permasalahan tersebut, Camat Sanden menyampaikan hasil koordinasi dengan dinas terkait di Pemda Bantul. Hasil koordinasi tersebut, demi keamanan dan kenyamanan warga, sementara rencana pembangunan BMT ditunda dulu. Selanjutnya akan dilakukan rapat dengan semua pihak guna membahas permasalahan yang ada.

Mendengar penjelasan Camat Sanden yang menunda pembangunan BMT, warga bisa menerima, selanjutnya membubarkan diri dengan tertib. Selama berlangsungnya aksi unjuk rasa, situasi berjalan dengan aman dan kondusif. (Humas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:18

0 komentar:

CB