Kanit Samapta Polsek Sewon Hadiri Pelantikan dan Pengukuhan Jaga Warga dan Pokdarwis Kalurahan Bangunharjo

Posted by Humas Polres Bantul on 14:17

Kanit Samapta Polsek Sewon AKP Sumanta mewakili Kapolsek menghadiri undangan pengukuhan dan pelantikan Jaga Warga periode 2023-2026 dan pengurus (Pokdarwis) Kalurahan Bangunharjo, Rabu (25/10/2023) malam.


Kegiatan ini berlangsung di pendopo Kalurahan Bangunharjo, Komplek Kalurahan Bangunharjo Jalan Imogiri Barat Km. 5,5, Bangunharjo Sewon Bantul.


Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kanit Samapta Polsek Sewon AKP Sumanta, Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Sewon Ahmad Rugayana Daenglala S.Sos., Lurah Bangunharjo Nur Hidayat, S.Ag., M.Si., Sat Pol.PP Kabupaten Bantul Kasi Bina Potensi Masyarakat Rujito, Danramil Sewon yang diwakili oleh Babinsa Bangunharjo, Pamong Kalurahan Bangunharjo, anggota Jaga Warga, Bamuskal dan Pokdarwis Kalurahan Bangunharjo, tokoh masyarakat dan tamu undangan.


Pelantikan dan pengukuhan jaga warga dilakukan oleh Lurah Bangunharjo Nur Hidayat, S.Ag., Msi., dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis surat keputusan Lurah Bangunharjo No. 87 tahun 2023, tentang pembentukan Jaga Warga se Kalurahan Bangunharjo kepada masing-masing ketua jaga warga.


Usai kegiatan Pengukuhan Pengurus Jaga warga dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalurahan Bangunharjo setelah itu acara dilanjut dengan penyerahan surat keputusan Lurah nomor 91 tentang pembentukan Pokdarwis Kalurahan Bangunharjo.


Dalam sambutannya, Lurah Bangunharjo Nur Hidayar, S.Ag., M.Si., menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus Jaga Warga se Bangunharjo dan Pokdarwis Kalurahan Bangunharjo yang pada malam ini telah dilantik, ini merupakan salah satu intruksi dari Sat Pol PP Provinsi DI. Yogyakarta.


Dengan adanya jaga warga ini tentunya akan menguatkan peran-peran linmas dan dengan dilantiknya jaga warga ini, diharapkan dapat bersinergi dengan linmas yang ada di pedukuhan sehingga dapat memperkokoh kamtibmas di wilayah Padukuhan.


Selain itu, harapannya dengan hadirnya jaga warga ini dapat memberikan masukan dalam menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat. Tidak semua permasalahan masuk ke ranah hukum, tetapi bisa diselesaikan dengan kearifan lokal.


Lurah Bangunharjo juga menekankan pentingnya peran Jaga Warga dalam menyelesaikan konflik sosial dan sebagai perwakilan warga dalam menyampaikan aspirasi serta menjaga ketentraman dan perlindungan masyarakat.


Kanit Samapta AKP Sumanta dalam sambutannya memberikan selamat atas dilantiknya ketua dan pengurus Jaga Warga dan diharapkan dapat menjalani sinergitas dengan Polsek Sewon, terutama dalam bidang Kamtibmas menjelang Pemilu 2024.


Setelah memberikan sambutan dari Kanit Samapta AKP Sumanta, dilanjutkan sambutan dari Sat Pol PP Kabupaten Bantul Bapak Rujito selaku Kasi Bina Potensi Masyarakat yang menyampaikan tugas dan fungsi serta wewenang dari jaga warga.



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:17

0 komentar:

CB