Safari Jaga Warga, Kapolsek Sewon Ajak Warga Wujudkan Tatanan Masyarakat Yang Aman dan Tertib

Posted by Humas Polres Bantul on 10:27

Jaga warga adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto SH bersama Panewu Sewon Hartini S.IP MM dan Wadanramil 04/Sewon Kapten Infantri Sugiharto melaksanakan Safari Jaga Warga di wilayah Kapanewon Sewon, Bantul, Senin (12/12/2022) malam.

“Untuk Safari Jaga Warga malam ini akan ada dua tempat yang akan kami kunjungi, yaitu Dusun Cabean dan Dusun Tembi,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek Sewon Kompol Suyanto juga menyampaikan bahwa sesuai dengan Pergub, Jaga Warga adalah upaya menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada.

“Jaga Warga dapat dimaknai sebagai upaya untuk menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan serta pelibatan aktif seluruh elemen masyarakat menjaga lingkungan sekitar berbasis kearifan lokal,” jelasnya.

Orang nomor satu di Polsek Sewon itu menambahkan, sarana menciptakan rasa aman dan tertib di masyarakat tidak semata tugas aparatur pemerintah saja, namun harus terdapat peran aktif dari masyarakat. Sehingga antara pemerintah dan masyarakat harus saling melengkapi tugas dan fungsinya dengan harapan terciptanya situasi kamtibmas yang aman, tentram dan kondusif.

Senada dengan Kapolsek, Panewu Sewon Hartini S.IP MM menyampaikan, Jaga Warga beranggotakan tokoh masyarakat, agama, pemuda, perempuan atau anggota masyarakat lain disesuaikan dengan kebutuhan.

“Perkumpulan Jaga Warga berwenang membuat tata tertib di wilayahnya yang disepakati bersama oleh warga dan melakukan penegakan terhadap pelanggaran tata tertib serta melakukan mediasi terhadap permasalahan sosial,” pangkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Kalurahan Panggungharjo Bripka Mulyadi, Bhabinkamtibmas Kalurahan Timbulharjo Aiptu Ibnu Wahkid SH, Babinsa Koramil 04/Sewon, Pamong dan anggota kelompok Jaga Warga. (Humas Polsek Sewon Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:27

0 komentar:

CB