Penyuluhan Etika Berlalu-Lintas Kepada Karang Taruna Dan Ibu-Ibu PKK Dusun Kuroboyo

Posted by tribratanewsbantul on 11:31

Terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan disebabkan karena kurang hati hatinya pengendara itu sendiri dan kurang mengerti etika berlalu lintas. Etika berlalu lintas sendiri memiliki pengertian tingkah laku pengguna jalan dalam melaksanakan Undang-undang dan peraturan-peraturan dalam berlalu lintas serta norma-norma sopan santun antara sesama pemakai jalan.

Hal tersebut disampaikan Kanit Binmas Polsek Pandak Iptu Subiyantoro saat memberikan bimbingan dan penyuluhan tentang etika berlalu-lintas kepada Mahasiswa KKN dari UAD dan UNY, Karang Taruna serta ibu-ibu PKK Dusun Kuroboyo di Masjid At Taqurub Dusun Kuroboyo Caturharjo Pandak Bantul, Kamis (2/8/2017) pukul 20.30 WIB.

Oleh karena itu, Iptu Subiyantoro mengajak kepada seluruh peserta penyuluhan agar mengedepankan etika dalam berlalu-lintas dijalan, selalu tertib berlalu-lintas, dan mematuhi rambu-rambu maupun perintah petugas yang sedang melaksanakan pengaturan.

Dalam kesempatan tersebut, juga diperkenalkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Harapannya agar masyarakat memahamai maksud dari gerakan-gerakan tersebut sehingga bisa mematuhinya.

Iptu Subiyantoro juga mengungkapkan, di wilayah Bantul khusunya Pandak, jumlah kecelakaan lalu lintas terbilang cukup tinggi. Menurutnya, terjadinya kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya faktor manusia, faktor kendaraan dan faktor alam.

Dari faktor manusia, kebanyakan masyarakat belum sepenuhnya taat hukum dan peraturan perundang-undangan serta kurangnya etika dalam berlalu lintas. Selain itu, faktor kendaraan juga memiliki andil menyebabkan tingginya angka kecelakaan. Misalnya kondisi ban yang sudah tipis, kondisi kendaraan yang sudah dimodifikasi dan lain sebagainya.

Sementara untuk faktor alam dapat dicontohkan kondisi jalan, cuaca, penerangan dan lain-lain.

Intinya yang harus disiapkan saat hendak berkendara adalah siap diri, siap kendaraan dan siap kelengkapan surat-surat serta selalu menjaga etika dan tertib berlalu lintas," tegasnya. (Sihumas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:31

0 komentar:

CB