Pengamanan Pentas Kethoprak HUT RI Ke 72 Di Girirejo Imogiri

Posted by tribratanewsbantul on 09:04

Dalam rangka puncak acara HUT ke 72 Kemerdekaan RI, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ngudi Utomo Girirejo Imogiri bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul menggelar pertunjukan rakyat kethoprak di Pedukuhan Tegalrejo Girirejo Imogiri Bantul, Sabtu (26/8/2017).

Gelaran seni tersebut dihadiri Kepala Diskominfo, Ketua Gorkom KIM Bantul, Camat Imogiri, Kapolsek Imogiri Kompol Suwadi, Babinkamtibmas Girirejo dan masyarakat, Danramil, Ketua UPT Imogiri, Ka Puskesmas Imogiri, BPD APMD serta Kep Sekolah se kecamatan Imogiri, para lurah, para dukuh dan lain lainya. Girirejo,.
Pesan yg disampaikan : keterbukaan informasi publik, internet sehat, kerukunan warga, mekanisme pendataan ulang bantuan bagi warga miskin agar tidak salah sasaran.

Menurut Nugroho Eko Setyanto, Kepala Dinas Kominfo keberadaan KIM sebagai salah satu ujung tombak penyebaran informasi publik di Kabupaten Bantul merupakan mitra strategis pemerintah. " Melalui media tradisional seperti kethoprak yang dipentaskan malam ini merupakan media efektif diseminasi informasi publik, karakteristik warga Bantul yang tetap teguh mempertahankan eksistensi seni budaya lokal patut kita apresiasi bersama, " ungkapnya.

Di era digital ini tidak ada lagi batas-batas waktu ataupun wilayah, cukup dengan gadget atau perangkat pintar seseorang dapat mengakses aneka informasi yang dia butuhkan. " Akan tetapi di balik kecanggihan dan kemudahan mendapatkan informasi tersebut, ada kerawanan bahaya virus malware yang merugikan masyarakat, tersebarnya berita hoax yang cenderung menyesatkan dan mengadu domba anak bangsa serta aneka penipuan melaui SMS ataupun website palsu, menuntut kita untuk lebih bijak dan hati-hati memanfaatkan internet dan sosial media, " jelas Nugroho.

Sementara itu Abdul Ghani, Ketua KIM Ngudi Utomo Girirejo mengharapkan peran pemerintah dalam membina dan mendukung kinerja KIM di Kabupaten Bantul lebih diintensifkan lagi. " Sebagai KIM yang mewadahi masyarakat dengan anggota yang terdiri dari beragam profesi seperti pengusaha batik, wedhang uwuh dan pemandu wisata, kami harapkan melalui Dinas Kominfo ini dapat membantu berupa informasi pelatihan-pelatihan usaha, pemasaran dan bantuan teknis lainnya, " ucapnya.

Animo masyarakat demikian tinggi menyaksikan pagelaran seni pertunjukkan rakyat tersebut, semakin malam semakin banyak warga berduyun-duyun mendatangi pertura tersebut. " Saya sangat senang dan terhibur dengan kethoprak ini, semoga kegiatan seni sering dipentaskan di sini, " terang Haryono warga Imogiri.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Imogiri melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Imgiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:04

0 komentar:

CB