Bhabinkamtibmas Desa Trimurti Hadiri Hadiri Sosialisasi Ketenagakerjaan

Posted by tribratanewsbantul on 06:52

Bhabinkamtibmas desa Trimurti Brigadir Eko Rustamaji menghadiri kegiatan Sosialisasi Ketenagakerjaan di Auala balai desa Trimurti Srandakan Bantul. Kamis, 30 Januari  2020 pukul 09.30 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bapak Drs. Mujiadi dari Disnaker Kabupaten Bantul Bapak Esra Mudiono dari PT.Dutawibawa Manda Putra Yogyakarta, Lurah desa Trimurti Srandakan Agus Purwaka St. Bhabinkantibmas desa Trimurti Srandakan Brigadir Eko Rustamaji, Seluruh Kadus dan perwakilan tokoh pemuda.

Pada kesempatan terdebut nara sumber Bapak Drs. Mujiadi mencoba menyampaikan yang intinya bagaimana membendung arus anak anak dan saudara kita yang semakin bersemangat meninggalkan kampung halamannya untuk mengais rejeki di negeri jiran.

Dalam ilmu demografi, yang namanya migrasi penduduk ataupun tenaga kerja dipengaruhi oleh dua hal, yaitu faktor pendorong dan faktor penarik. Faktor pendorong  semakin besarnya minat masyarakat kita untuk mencari kerja diluar Negeri antara lain adalah karena masalah kemiskinan, pengangguran dan  peluang ekonomi yang terbatas.

Sementara faktor penarik adalah tingginya permintaan tenaga kerja murah di daerah tujuan, kurs mata uang asing yang lebih tinggi dari rupiah dan banyaknya cerita para perantau yang sukses merubah nasibnya setelah pulang merantau menjadi TKI diluar negeri.

Dengan melihat permasalahan diatas maka solusi utama untuk membendung arus deras calon TKI ini adalah dengan membenahi akar permasalahan yaitu melalui perbaikan ekonomi, meningkatkan kemakmuran, penanggulangan kemiskinan, perluasan lapangan kerja dan penciptaan kesempatan kerja dikampung halamannya.

Sebagian besar para TKI kita, baik yang legal maupun illegal, berasal dari daerah pedesaan, oleh karena itu arah sasaran upaya kita untuk membendung arus TKI keluar negeri adalah dengan mulai membenahi, menata dan membangun desa agar menjadi tempat yang nyaman, berpotensi ekonomi dan menyediakan kesempatan kerja yang memadai.

Pada pukul 11.30 Wib. kegiatan Sosialisasi Ketenaga Kerjaan di Auala balai desa Trimurti Srandakan berakhir dengan aman dan lancar. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:52

0 komentar:

CB