Kapolres Bantul Hadiri Giat Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang APDESI Kabupaten Bantul Masa Bakti Tahun 2020-2025

Posted by tribratanewsbantul on 12:37

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyo, S.I.K hadiri giat Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bantul Masa Bakti Tahun 2020-2025. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono di Mandala Sabha Gedung Induk Lantai 3 Parasamya Pemda Bantul, Kamis, 06 Februari 2020 pukul 09.45 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul Drs. H. Suharsono, Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistyo, S.I.K, Kasdim 0729 Bantul Mayor Inf Jaka Susila, Sekda Bantul Drs. Helmi Jamharis, M.M, Pejabat PN Bantul, Pejabat Kejari Bantul, Anggota DPRD Kab. Bantul Fraksi Gerindra Sukardiyono, SH, Anggota DPRD Bantul Fraksi Golkar Teguh, Sekretaris Kesbangpol Bantul Drs. Fatoni, Ketua KPUD Bantul Didik Joko Nugroho, S.Ant, Kepala OPD Kabupaten Bantul, Camat se-Kabupaten Bantul, Ketua DPD Apdesi Propinsi DIY Bpk. Tomi, Ketua DPC Apdesi Kabupaten Bantul Dra. Ani Widayani, M.I.P, Pimpinan BUMN/BUMD Kabupaten Bantul,  Lurah se-Kabupaten Bantul dan ratusan tamu undangan.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan laporan Ketua Panitia Drs. Sujadi yang menyampaikan antara lain mewakili panitia mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran para tamu undangan pada pelantikan Pengurus DPC Apdesi Kab. Bantul saat ini, terkhusus kepada Bupati Bantul yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga dapat berjalan lancar, terimakasih juga kami ucapkan kepada Forkopimda Kab. Bantul yang sudah berkenan menjadi pembina Cabang Apdesi Kabupaten Bantul.

Bahwa Apdesi berdiri sejak tanggal 17 Mei 2005 di Jakarta, sedangkan DPC Apdesi Kabupaten Bantul terbentuk berdasarkan Rakercab dan Musyawarah Cabang yang berlangsung di Ros In pada tahun 2005, dimana saat itu dijabat oleh H. Jiyono.

Seiring berjalannya waktu, Ketua Apdesi Kab. Bantul yang semula dijabat oleh H. Jiyono selanjutnya digantikan oleh H. Pambudi Mulyo, dan setelah lama vakum pada bulan November 2019 yang lalu di Balai Desa Sumbermulyo telah dilaksanakan rapat kerja secara demokratis sehingga terpilih pengurus Apdesi DPC Bantul 2020-2025 dengan Dra. Ani Widayani, M.I.P sebagai Ketua.

Bahwa maksud terbentuknya Apdesi yaitu untuk meningkatkan harkat dan martabat Aparatur Desa maupun masyarakat desa serta menciptakan iklim yang kondusif melalui kerjasama dengan Pemda untuk memanfaatkan peluang yang ada baik berskala lokal, nasional maupun global sehingga mampu mewujud desa yang maju, sejahtera, adil dan demokratis dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sesuai amanat UUD 1945.

Sesuai visinya berdirinya Apdesi bertujuan untuk mewujudkan pemerintah maju, sejahtera, adil yang dilaksanakan secara demokratis, sedangkan misi Apdesi antara lain memberdayakan Pemerintahan Desa, Lembaga Desa dan Masyarakat Pedesaan, Mencerdaskan masyarakat pedesaan, Menjalin kemitraan dengan pemerintahan daerah dan lembaga non pemerintah dalam hal percepatan pemberdayaan dan pembangunan desa demi terciptanya masyarakat yang adil dan sejahtera, serta memperkuat posisi dan eksisistensi desa sebagai pondasi pemerintahan di Indonesia.

Adapun pelantikan Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Bantul dipimpin oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono didasarkan atas Surat Keputusan DPD Apdesi DIY Nomor : 01/SKEP/DPD-APDESI/II/2020 tentang Pengesahan Dewan Pembina Organisasi dan Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Bantul Masa Bakti 2020-2025, dengan susunan sebagai berikut, Ketua Dra. Ani Widayani, M.I.P, Wakil Ketua  Yudi Fachrudin, SE, Drs. Sujadi, Agus Purwoko, ST, Sarjaka, Juweni, SE, Sekretaris : Marhadi Bahrun, Wakil Sekretaris  Dwi Yuli Purwanti, SH, Sulistyo Atmaji, SE, Fathoni Ariwibowo, Bendahara Marjiyem, Wakil Bendahara  Drs. Pardiyono, Supriyadi, Titik Istiyawatun Khasanah, SIP.


Usai pelantikan pengurus DPC Apdesi Kabupaten Bantul masa bakti 2020-2025, acara dilanjutkan arahan Bupati Bantul Drs. Suharsono. Bupati Bantul mengucapkan ucapan selamat dan sukses kepada pengurus DPC Apdesi Kabupaten Bantul masa bakti 2020-2025 yang baru saja dilantik, kami percaya bahwa pengurus Apdesi yang baru saja dilantik akan mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan tanggungjawab

Bupati mengajak kepada seluruh pengurus Apdesi Bantul untuk bersatu padu dan bergorong-royong dalam mewujudkan komitmen bersama membangun Kabupaten Bantul yang diawali di Desa masing-masing, mengingat Kepala Desa beserta Staff merupakan ujung tombak Desa sehingga sukses tidaknya Desa akan tergantung pengurus Apdesi yang baru saja dilantik.

Sebagaimana arahan Presiden Jokowi yang mennginstruksikan pembangunan Indonesia dimulai dari Desa, maka saya mengajak kepada seluruh Kepala Desa beserta pengurus Apdesi untuk bersama-sama dengan Pemda memikirkan segala permasalahan yang ada di Desa, dan pada tahun ke-3 kepemimpinan saya nilai para Lurah maupun jajaran OPD sudah mampu menyesuaikan daya pemikiran saya.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada jajaran Lurah di Bantul yang telah mampu mengarahkan para Dukuh untuk memajukan dusun masing-masing sehingga membantu Pemda Bantul meraih banyak penghargaan baik dari Presiden, Kementerian Dalam Negeri maupun KPK, oleh karena itu sebagai maka Kepala Daerah saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras selama ini mengingat tanpa dukungan semua kompenon di tingkat desa, Pemda Bantul tidak bisa bekerja sendiri

Saya telah berkonsultasi dengan Ketua DPC Apdesi Bantul dan Sekda Bantul yang intinya akan membuat Perbup tentang Pemilihan Dukuh yang dilaksanakan secara langsung oleh rakyat, dimana upaya tersebut dilaksanakan untuk bagaimana memberikan yang terbaik bagi desa, sehingga mari kita diskusikan secara bersama guna mewujudkan kebaikan bersama

Bupati memohon bantuan dan kerjasama yang baik dari semua unsur Kepala Desa terkait rencana pelaksanaan Pilurdes pada bulan Juni 2020 dan Pemilukada Bantul 2020 pada September 2020, karena seperti kita ketahui hajatan politik tersebut banyak dimanfaatkan oleh kandidat yang mengikutsertakan pejabat dibawah, oleh karena itu memohon para Kepala Desa bisa memilah antara tugas partai dan pemerintahan, dan saya tekankan disini dalam Pemilukada 2020 mendatang saya akan melaksanakan aturan yang ada, apabila saya melaksanakan kegiatan partai para Lurah tidak perlu datang.

Terakhir kami ucapkan selamat bekerja kepada pengurus Apdesi Kabupaten Bantul untuk bahu membahu dalam mewujudkan apa yang menjadi harapan masyarakat, dan marilah kita bersinergi demi kemajuan pembagunan Desa maupun Kabupaten Bantul.

Kegiatan diakhiri dengan Doa dipimpin H. Mulyono, serta sesi foto bersama Pengurus DPC Apdesi Kabupaten Bantul bersama Forkopimda Bantul, serta selama kegiatan berlangsung aman dan lancar. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:37

0 komentar:

CB