Kapolres Bantul Hadiri Panen Padi di Lahan Terluas Hasil Aplikasi Biosaka

Posted by Humas Polres Bantul on 10:09

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK menghadiri Panen Padi di Lahan Terluas Hasil Aplikasi Biosaka di Lapangan Sepak Bola Jalan Imogiri, Kalurahan Kebonagung, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul, Minggu (13/3/2023).

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul meraih Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Pemerkasa dan Penyelenggara Panen Padi di Lahan Terluas Hasil Aplikasi Biosaka.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, bahwa pihaknya berupaya untuk mengembangkan agroindustri hortikultura, mengoptimalkan lahan pasir serta optimalisasi pertanian milenial. Diketahui, komoditas padi di Kabupaten Bantul pada 2022, sebesar 195.612 ton dengan luas panen mencapai 30.336 hektar.

"Dalam rangka mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern sesuai semboyan Menteri Pertanian, Pemkab Bantul mendukung penerapan hasil-hasil inovasi sederhana, terutama yang dikembangkan oleh petani. Salah satunya adalah biosaka," kata Halim, saat memberikan sambutan pelaksanaan Panen Padi dengan Aplikasi Biosaka dan Rekor MURI Pembuatan Bahan Alami Biosaka Secara Serentak oleh Petani Terbanyak.

Dikatakan Abdul Halim, di Kabupaten Bantul sendiri biosaka telah diaplikasikan pada lahan seluas 400 hektare, di mana 215 hektar berada di Kapanewon Imogiri. "Dengan Aplikasi Biosaka, per hektar lahan pertanian saat ini menghasilkan 10,42 ton gabah kering panen. Biosaka menjadi salah satu oase bagi petani untuk dapat bertani secara efektif dan efisien," jelas Abupati Bantul.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang hadir secara virtual menyebut, bahwa keberhasilan Bupati menjadi bagian dalam kesejahteraan dan ketentraman bagi rakyat. "Saya suka lihat kepala daerah yang agresif dan mau melihat rakyatnya semakin baik," ujarnya.

Syahrul juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Bantul atas terlaksananya panen raya dan berharap, Bulog turut serta andil membantu mengimplementasikan penyerapan hasil panen dengan memberikan untung dan tak merugikan para petani maupun masyarakat.

“Semoga apa yang kita lakukan semakin hebat. Petani menjadi lebih keren, dan pertanian di Indonesia semakin maju, mandiri dan modern," tandasnya.
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:09

0 komentar:

CB