Jelang Natal 2023, Polisi Lakukan Sterilisasi Gereja di Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 16:12

Menjelang perayaan Natal 2023, Satgasda Tindak Operasi Lilin Progo 2023 melakukan sterilisasi gereja di wilayah Kabupaten Bantul, Minggu (24/12/2023).

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn mengatakan, sterilisasi ini merupakan salah satu bentuk hadirnya Polri untuk masyarakat guna mengantisipasi bentuk gangguan kamtibmas pada perayaan Natal tahun 2023.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif selama perayaan Natal 2023,” kata Iptu Jeffry.

Disebutkan ada lima gereja di wilayah Bantul yang dilakukan sterilisasi, yaitu Gereja Katholik Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran, Gereja Katholik Santo Paulus Pringgolayan, Gereja Katolik Santo Yakobus Klodran, Gereja Katholik Salib Suci Gunung Sempu dan Gereja Santa Theresia Sedayu.

Lebih lanjut, kegiatan sterilisasi gereja ini dibantu oleh tim dari Unit Jibom Satbrimob Polda DIY dengan menyisir seluruh area gereja menggunakan metal detector serta mirror detector sebagai langkah antisipasi.

“Petugas menyisir setiap sudut area gereja. Mulai dari tempat duduk jemaat, altar gereja, pohon natal, alat music, serta tempat-tempat lain,” terangnya.

Disampaikan dari hasil pengecekan, tidak ditemukan barang-barang berbahaya baik bahan peledak maupun barang berbahaya lain.

“Sejauh ini situasi kondusif masih terjaga dan tidak ditemukannya hal-hal yang mencurigakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan kenyamanan,” tutur Jeffry.

Harapannya semoga kondusifitas selama perayaan Natal 2023 selalu terjaga, dan masyarakat yang merayakan Natal dapat menjalankan ibadah dengan aman dan nyaman.

Sementara itu, Ketua Panitia Natal 2023 Gereja St. Yakobus Klodran, Agung Santoso, mengapresiasi kegiatan sterilisasi dari pihak Kepolisian dan keamanan dalam rangkaian Natal 2023.

"Di sisni saya sangat mengapresiasi atas kunjungan pihak Kepolisiasn terkait sterilisasi maupun keamanan dalam rangkaian natal 2023 ini, semoga acara Natal dapat berjalan dengan lancar serta aman, sehingga umat dapat melaksanakan dengan baik dan khusuk," ucapnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 16:12

0 komentar:

CB