Pengamanan Labuhan Kebangsaan Di Parangkusumo

Posted by tribratanewsbantul on 19:30

Kapolsek Kretek Kompol Salim memimpin langsung anggotanya dalam pengamanan prosesi labuhan Kebangsaan di Pantai Parangkusumo, Padukuhan Mancingan, Desa Parangtritis,Kretek, Minggu 30 Juli 2017 pukul 16.00 wib.

Labuhan yang diprakarsai oleh Aliansi Bela Garuda (ABG) yang diketuai oleh Yoyok ini dalam rangka mendukung PERPU nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas.

Adapun tema kegiatannya adalah "Menguatkan Semangat Kebangsaan, Hanya Pancasila Untuk Indonesia ".

Kegiatan dihadiri oleh Muspika,Banteng Manunggal Perjuangan (BAMPER), Gerakan Sigap Sosial dan Kemanusiaan (GASSAK), Merawat Pancasila Untuk Indonesia (MERAPI), GP Ansor, JOXZIN pro ABG dan Gerakan Alumni dan Mahasiswa ISI Yogya untuk Aksi Budaya Nusantara Waspada (GAMIS ABUNAWAS) serta disaksikan oleh ratusan masyarakat pengunjung pantai.

Prosesi ritual labuhan dimulai pukul 16.30 wib dari area pesanggrahan Cepuri Parangkusumo menuju tepi pantai Parangkusumo dengan melarung berbagai macam uborampe dan simbul (berupa kain dengan teks tulis) ormas yang anti Pancasila, Radikal dan Intoleran.

Labuhan kebangsaan denfan materi ritual "Kurban pusungsung sego liwet dan doa keselamatan NKRI" yang dipandu oleh Ki Cahyo tokoh spiritual dan pegiat sosial masyarakat.

Gelar Budaya Labuhan Kebangsaan berakhir pada pukul 17.30 wib, dalam keadaan aman tertib dengan pengamanan personil dari Polsek Kretek. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:30

0 komentar:

CB