Penyuluhan Kamtibmas Tingkatkan Peran Warga Sabrang Lor Dalam Jaga Kamtibmas

Posted by tribratanewsbantul on 14:15

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga Keamanan dan ketertiban, Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman melaksanakan penyuluhan Kamtibmas di rumah bapak Totok yang diikuti para ketua RT dan 30an warga Dusun Sabrang Lor RT 02 Triwidadi Pajangan Bantul, Sabtu (1/7/2017) jam 20.00 Wib.

Saat ini sistem keamanan lingkungan yang masih dipakai serta paling efisien adalah Pos Ronda / Pos Kamling, merupakan Sistem Keamanan Lingkungan yang di mana masyarakat dapat berperan langsung dalam menciptakan ketertiban dan keamanan lingkungan.

Pos Ronda / Pos Kamling dapat menekan dan mengatasi kriminalitas di sebuah lingkungan dan setiap anggota masyarakat yang menempati lingkungan tersebut wajib menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

“Ketertiban dan keamanan merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai Warga Negara, maka dari itu kita harus meningkatkan kesadaran kita akan kepedulian keamanan dan ketertiban lingkungan kita, selain dengan meningkatkan kesadaran juga dengan melakukan tindakan langsung seperti mengikuti Ronda Poskamling untuk menjaga terjadinya gangguan kamtibmas yang telah diatur dalam peraturan Gubernur D.I. Yogyakarta Nomor 9 Tahun 2015,” ujar Aiptu Ngadiman. 

Polisi tidak akan dapat menciptakan situasi yang tertib dan aman dalam suatu lingkungan masyarakat tanpa adanya kemauan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, akan pentingnya suasana yang aman dan tertib.

Keterlibatan masyarakat dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas sejatinya tidak sekedar membantu aparat Polri dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai aparat pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, namun yang lebih penting adalah memberikan ruang bagi pemberdayaan masyarakat ( Empowerment ).

Masyarakat diberdayakan sehingga tidak semata-mata sebagai obyek dalam penyelengaraan fungsi kepolisian melainkan sebagai subyek yang menentukan dalam mengelola sendiri upaya penciptaan lingkungan yang aman dan tertib. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:15

0 komentar:

CB