Pengamanan Labuhan Hondodento Di Pantai Parangkusumo

Posted by tribratanewsbantul on 13:32

Personil Polsek Kretek mengamankan jalanya kegiatan labuhan Hondodento pimpinan Mulyadi Eko Saputro dari Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul di pantai Parangkusumo, Kamis, 05 Oktober 2017 pukul 09.00 Wib. Ritual ini dilaksanakan setiap tanggal 15 Suro.

Adapun benda yang dilabuh terdiri dari Pisang sanggan lengkap dengan kinang ayu,Busana kain parang barong, kain semekan gadung melati serta bermacam bunga yang diantaranya bunga sedap malam, bunga melati, bunga mawar dan bunga kenanga. Keunikan labuhan ini adalah digunakannya payung bersusun sebagai piranti upacara dan doa dari berbagai kalangan.

Dalam ritual ini masyarakat mengagungkan nama Hyang Ilahi dan memohon rahmat karunia serta perlindunganNya, agar mereka mendapat kesejahteraan lahir dan batin.

Bapak Wardoyo SSM. MM dari dinas pariwisata DIY dalam sambutanya memberikan apresiasi pada acara ini dan berharap kedepan lebih bisa meningkatkan kepariwisataan di Kab. Bantul kususnya dan Diy pada umumnya.

Pemerintah DIY turut mendorong agar kegiatan ini berkesinambungan sehingga dapat mewujudkan daya tarik ritual religi terhadap wisatawan domestik maupun asing, pungkasnya.

Kegiatan tersebut berakhir pada pukul 10.00 Wib berjalan dengan aman dan lancar dengan pengamanan dari Polsek Kretek dibantu Sat Binmas Polres Bantul, Dit Pol Air Polda DIY dan Tim SAR Parangtritis. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:32

0 komentar:

CB