Kapolsek Kretek Dapat Kunjungan BMKG Bahas Hadapi Badai La Nina

Posted by tribratanewsbantul on 08:44

Kapolsek Kretek AKP Yosephine Iswantari S.Psi menerima kunjungan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG ) Sleman dalam rangka Press release Antisipasi dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi La-Nina pada musim hujan 2021/2022 di Mako Polsek Kretek (22/11/2021).

Perlu kita ketahui La Nina adalah fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya.

La Nina juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan sebagainya.

Sedangkan pengaruh La Nina di wilayah D.I.Yogyakarta berdampak pada peningkatan curah hujan bulanan dalam kisaran 20-60% dibandingkan normalnya atau rata-ratanya.

Adapun himbauan yang disampaikan diantaranya antara lain diharapkan para pemangku kepentingan segera mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi Di wilayah D.I.Y akibat dampak La Nina.

Lakukan pengelolaan air dengan penyiapkan kapasitas sungai dan kanal untuk antisipasi debit air yang berlebih

Masyarakat dihimbau agar membersihkan saluran-saluran air dan memangkas ranting pohon yang membahayakan serta selalu memperbarui perkembangan informasi dari BMKG dengan melalului Medsos.

Dengan adanya hal tersebut diharapkan dari pihak-pihak terkait begitu juga dari masyarakat bisa merespon dengan baik agar dapat segera diaplikasikan sehingga bisa meminimalisir kerusakan jika terjadi bencana hidrometeorologi diwilayah D.I.Yogyakarta. (Polsek Kretek)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:44

0 komentar:

CB