Pembukaan FKY Ke 29 Kabupaten Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 20:34

Wakil Bupati Bantul membuka rangkaian kegiatan dalam rangka Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) Ke-29 Kabupaten Bantul di Lapangan Paseban siang hari ini Rabu, 2 Agustus 2017. Kegiatan yang dibiayai Danais melalui Disbud ini direncanakan dilaksanakan 2 sd. 8 Agustus 2017.

Tema FKY yaitu  "Umbar Mak Byarr! " yang mempunyai arti makna bahwa Pemkab Bantul memberikan dukungan dan kesempatan kepada pegiat seni budaya untuk mengekplorasikan potensi seni dan budaya di masing-masing wilayah.

Maksud dan tujuan FKY Kab. Bantul Tahun 2017 Kab. Bantul yaitu memberikan fasilitas kepada warga serta pegiat seni untuk menampilkan seni dan budaya yang ada di desa dan Kecamatan serta memfasilitasi produsen alat kesenian sehingga akan mengkolaborasikan budaya dan wisata yang menarik untuk dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jumlah peserta pada FKY Kab. Bantul 2017 sebanyak 34 grup yang setiap Kecamatan menampilkan 2 grup. Sedangkan 1 grup terdiri dari 30 orang.

Untuk menyemarakkan FKY Kab. Bantul 2017 juga diadakan Bazar Kesenian yang dilaksanakan di Kec. Srandakan dan Kec. Piyungan. Nanti malam di Lapangan Paseban Bantul juga akan diadakan Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Catur Benyek Kuncoro.

Dalam sambutanya, Wabup Bantul mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pegiat kesenian dan kebudayaan yang memberikan warna bagi Kab. Bantul yang notabene Bantul sebagai zona kreatif Jogja.

Kesenian merupakan sarana untuk mengekpresikan keindahan dan mempunyai corak budaya masing-masing disetiap wilayah juga sebagai kearifan lokal yang perlu dijaga kelestariannya. FKY juga merupakan salah satu cara kita untuk menggali nilai budaya agar kehidupan kita lebih bermakna dan positif serta untuk kesejahteraan bersama.

Selesai memberikan sambutanya, selanjutnya Wabup Bantul memukul Kentongan sebagai tanda dimulainya Pawai Seni dan Budaya.  Wabup Bantul juga melepas peserta di garis start. Adapun rute start dari taman Paseban - Jl. Jend. Sudirman - Finsih Stadion Dwi Windu Bantul.

Hadir dalam acara tersebut Wabup Bantul H. Abdul Halim Muslih, Komisi C DPRD Bantul Bp. Widodo, Komisi D DPRD Bantul Bp. Paidi, Ka Dinas Kebudayaan Bantul Drs. Sunarto, SH, MM, Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bantul Ibu. Hj. Erna Suharsono, Kasat Binmas Polres Bantul AKP Handiko Widiyanto, SH, MH, SKPD terkait, Forkompimda Bantul dan tamu undangan.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul dan Polres Bantul dibantu instansi terkait melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadan aman tertib. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 20:34

0 komentar:

CB