Kapolsek Kretek Hadiri Pembinaan Linmas Di Balai Desa Tirtomulyo

Posted by tribratanewsbantul on 09:05

Bertempat di Aula Balai Desa Tirtomulyo Kretek Bantul telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Satlinmas Kecamatan Kretek. Senin, 24/02/2020. Kegiatan diselenggarakan oleh Sat Pol PP DIY dengan mengambil Tema "Melalui Pembinaan, Kita Tingkatkan Peran Sat Linmas dalam Upaya Membantu Penanggulangan Bencana di DIY".

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasat Pol PP DIY Drs Noviar Rahmad,M.Si, anggota DPRD Prov DIY Komisi A. Eko Suwarto, Kasi Linmas Kabupaten Bantul Eko Wahyudi, mewakili Camat Kretek kasi transtib Eko Miyanto, Kapolsek Kretek Kompol S. Parmin, Danramil Kretek Kapten Cba Mardiyono dan sekira 250 Peserta.

Kasat Pol PP DIY Drs. Noviar Rahmad M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Sat Linmas di Kretek merupakan hari ke 3 yang diselenggarakan oleh SATPOL PP DIY.

Bagaimana peran Linmas dalam upaya membantu kebencanaan, melakukan penguatan bila terjadi Bencana Alam.  Sehingga mampu memberi pertolongan pada masyarakat yang terdampak Bencana.

Dalam Permendagri Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelengaraan Perlindungan Masyarakat, disebutkan bahwa tugas satuan Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, selain membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Dalam tugas penanggulangan bencana biasanya melekat pada badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), SAR (search and rescue), palang merah Indonesia (PMI), masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya. "Linmas juga memiliki tugas membantu dalam penanggulangan bencana meliputi pengurangan resiko/mitigasi, evakuasi, dan rehabilitasi, ujarnya.

Sedangkan anggota DPRD provinsi DIY Komisi A, Eko Suwarto dalam sambutannya menyampaikan bahwa Komisi A berkomitmen memberikan perhatian kepada Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) sebagai organisasi yang tangguh dan tanggap menjaga lingkungannya.Satlinmas yang secara struktur berada pada tingkat desa atau kelurahan ini hendaknya mampu menjadi garda terdepan dalam mencegah ancaman Bencana Alam, radikalisme dan terorisme yang kini mengancam.

Komisi A DPRD provinsi DIY terus mengupayakan peningkatan kesejahteraan anggota Satlinmas, meningkatnya potensi dana desa yang diberikan harus selaras dengan meningkatnya kesejahteraan Satlinmas. Maka perlunya Desa mengeluarkan perdes tentang Penanggulangan Bencana Alam.

Satlinmas harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan sejak dini. Kepada anggota Satlinmas yang hadir, mengimbau agar turut aktif berpartisipasi dalam pelatihan yang akan dilakukan secara berkala nantinya.

Sebanyak 30.858 anggota Satlinmas yang berada di DIY akan kita berdayakan bersama Polri serta TNI untuk diberikan kemampuan deteksi dini.Tujuannya agar mampu mencegah dan mendeteksi tindak kejahatan yang marak terjadi.Pelatihan tentang mitigasi bencana juga akan diberikan,karena Satlinmas inilah yang pertama maju saat terjadi bencana.

Sat Linmas saat ini perlunya regenerasi, karena masih didominasi oleh generasi tua, tutupnya. (Humas Polsek Kretek).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:05

0 komentar:

CB