Rapat Forkompinda Bantul Sepakati Selama Bulan Ramadhan Masyarakat Dihimbau Menjalankan Ibadah Di Rumah

Posted by tribratanewsbantul on 11:06

Kapolres Bantul AKBP Wahyu Tri Budi Sulistiyono SIK hadiri Rapat Forkopimda Persiapan Ibadah Ramadhan Tahun 1441 H di Gedung Mandhala Saba Madya Parasamya kab Bantul. Selasa, 21 April 2020 pukul 10.00 wib.

Rapat dipimpin oleh Bupati Bantul Drs Suharsono dihadiri oleh Wabub Bantul, Dandim, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Ka Kejaksaan Negeri Bantul, Ka Pengadilan Negeri Bantul, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bantul, Kepala Kemenag Kab Bantul, MUI Bantul dan para pejabat lainya.

Dalam rapat Forkompinda ini disepakati selama bulan ramadhan masyarakat Bantul dihimbau menjalankan ibadah di rumah. Termasuk ibadah tarawih, sebaiknya tidak dilakukan berjemaah di masjid untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19.

Bupati Bantul drs. Suharsono mengatakan, selama Ramadhan, warga sebaiknya menjalankan ibadah di rumah. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Agama nomor 6 tahun 2020, mengenai panduan ibadah ramadhan dan Idul Fitri 1441 H.

Dalam panduan tersebut, dijelaskan, sahur dan buka puasa hanya boleh dilakukan oleh individu dan keluarga inti. Tidak perlu adanya sahur on the road ataupun buka puasa bersama.

Kemudian salat tarawih, dilakukan secara individu ataupun keluarga inti di rumah masing-masing. Begitu juga dengan tadarus Alquran, disarankan dilakukan di rumah saja. Diimbau tidak perlu bersama-sama di masjid. "Kita tidak melarang, tapi sifatnya hanya mengimbau," tegas Bupati Bantul.

Dengan ini maka Bupati Bantul akan menerbitkan surat edaran yang sifatnya mendukung apa yang telah dikeluarkan sebelumnya oleh Kementerian Agama maupun Majelis Ulama Indonesia. Surat edaran tersebut memiliki substansi yang sama yaitu mencegah penyebaran Covid-19. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:06

0 komentar:

CB