Tampil di Garda Terdepan Pencegahan Covid-19, Urkes Bag Sumda Polres Bantul Jadi Vaksinator Pedagang Pasar Bantul

Posted by tribratanewsbantul on 13:43

Urkes Bag Sumda Polres Bantul, tampil di garda terdepan pencegahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Bantul.

Personel Urkes berjumlah 6 orang, tampil sebagai vaksinator dalam vaksinasi dosis pertama Covid-19 untuk pedagang di Pasar Bantul.

Paurkes Bag Sumda Polres Bantul, Ida Wahyuningsih A.Md.Kep  mengatakan, vaksinasi dilaksanakan selama dua hari, yaitu Rabu (09/06/2021) dan Kamis (10/06/2021).

Dijelaskan ada 600 pedagang yang menjadi sasaran vaksinasi.

“Targetnya setiap harinya ada 300 pedagang yang divaksin,” kata Ida, Kamis (10/06/2021).

Ia melanjutkan total pedagang di Pasar Bantul ada sekitar 1.500. Namun yang terverifikasi baru 700 pedagang saja. Sehingga yang mendapat vaksin adalah pedagang yang sudah terverifikasi.

Sementara itu Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tribudi Sulistiyono SIK MH yang melakukan kunjungan di lokasi vaksinasi mengatakan, antusiasme pedagang mengikuti vaksinasi sangat baik.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya pedagang yang mengikuti vaksinasi. 

“Semoga upaya vaksinasi ini dapat meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bantul,” kata Wachyu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Sukrisna Dwi Sutanta, mengatakan tidak hanya pedagang di Pasar Bantul, pedagang di pasar lain di Kabupaten Bantul juga akan mendapat vaksin.

Hanya saja vaksinasi dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan ketersediaan vaksin. 

"Sementara baru di Pasar Bantul dulu. Kami minta pedagang yang sudah divaksin lapor ke lurah pasar. Memang ada pedagang yang masuk kategori lansia, sehingga sudah didata dan divaksin bersama lansia yang lain,"ujarnya. 

Sementara itu, Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Abednego Dani Nugroho mengungkapkan vaksin yang disuntikkan pada pedagang adalah AstraZeneca.

Hal itu karena pada bulan Juni seluruh vaksinasi dosis pertama adalah AstraZeneca.

"Memang bulan Juni semua vaksinasi dosis pertama adalah AstraZeneca. Dari DIY kemarin kami dapat 30.000 dosis, saat ini masih ada sekitar 6.000 dosis,"ungkapnya.

Ia menambahkan selain pedagang di Pasar Bantul, vaksinasi juga dilaksanakan di Sentra Vaksinasi Covid-19 Bantul. Tujuannya adalah percepatan vaksinasi Covid-19.

"Jadi hari ini jalan dua, di Pasar Bantul dan di sentra. Kalau yang di sentra yang jadi sasaran linmas," tambahnya. (Humas Polres Bantul)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:43

0 komentar:

CB