Kasihumas Polsek Imogiri Mewakili Kapolsek Menghadiri Prosesi Sadran

Posted by Humas Polres Bantul on 13:33

Ps Kasihumas Polsek Imogiri Polres Bantul Aiptu Eko Surahman mewakili Kapolsek menghadiri prosesi Sadran di Bangsal Sapit Urang Makan Raja Pajimatan, Rabu (1/3/2023) pagi.

Pelaksanaan Sadranan ini di laksanakan oleh Abdi dalem Juru kunci Surakarta dalam rangka menjalankan tugas dari Ketaton Surakarta Pakubuwono  XIII untuk mendoakan para leluhur keraton kadunanan Surakarta.

Sadranan, atau lebih dikenal dengan nyadran, merupakan salah satu kearifan lokal yang masih mengakar kuat pada kebudayaan Jawa.

Nyadran dapat diartikan sebagai kegiatan ziarah kubur atau pergi mengunjungi makam leluhur untuk berdoa sambil membawa kemenyan, bunga, dan air seperti yang dilakukan oleh abdi dalem Juru kunci Surakarta.

Dalam pelaksanannya  abdi dalem Juru kunci berjalan dengan pakaian Jawa(beskap) dari Kantor bupati juru kunci menuju makam dengan menaiki tangga.

Setelah sampai bangsal Makam Sultan Agung prabu Hanyokrokusumo para abdi dalem melaksanakan doa Bacaan, tahlil, tahmid yang di pimpin oleh. M MG Rudin Diprojo.

Hadir dalam prosesi Sadran Panewu Imogiri Slamet Santoso SIP, Danramil 10 Imogiri Kapten CZi Suyadi, Bupati Juru kunci Yogyakarta Kanjeng Rekso Dipuro serta abdi dalem Surakarta.

Kegiatan Sadran abdi dalem Surakarta berjalan lancar dan mendapat pengawalan oleh Kanit Samapta Polsek Imogiri selesai berjalan lancar (Humas Polsek Imogiri)
 


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:33

0 komentar:

CB