Upacara Pembukaan TMMD Reguler Ke - 99 TA 2017 Di Lapangan Selopamioro Imogiri

Posted by tribratanewsbantul on 14:47

Kemanunggalan TNI dan rakyat didasari atas saling melengkapi dan saling membutuhkan. Hal ini menunjukkan kepada kita bahwa, fungsi tentorial TNI tidak hanya sebatas di bidang pertahanan semata, khususnya dalam menjaga dan menjamin kedaulatan negara. Tetapi lebih dari itu, TNI nyata-nyata mampu memberikan sumbangsih yang besar dan pengaruh positif terhadap kemajuan masyarakat dan percepatan pembangunan di daerah.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur DIY KPAA Paku Alam X saat membacakan amanat Gubernur DIY dalam Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke - 99 Tahun Anggaran 2017 di Lapangan Selopamioro Imogiri Bantul, Selasa (4/7/2017).

Upacara sendiri dihadiri oleh Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setyawan SIP, Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Bupati Bantul Drs H Suharsono dan Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM.

Lebih lanjut Gubernur DIY mengatakan, program TMMD dilakukan sebagai bhakti TNI terhadap masyarakat dan merupakan wujud keberadaan TNI yang tidak pernah meninggalkan rakyatnya. Masyarakat dilibatkan secara aktif. Keaktifan dan partisipasi masyarakat yang tinggi, tentunya mampu pula meningkatkan kualitas komunikasi sosial sebagai bagian dari sasaran TMMD, salah satunya yaitu mendekatkan TNI dengan rakyat melalui perwujudan pembangunan fisik dan nonfisik.

Dijelaskannya, pembangunan fisik pada TMMD Reguler ke-99 tahun 2017 diarahkan pada pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya adalah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan Jalan dan Jembatan, pembuatan gorong-gorong, Program RTLH dan Water Tower.

Sedang sasaran nonfisik berupa penyuluhan bidang Pendidikan Pendahuluan Beia Negara, penanganan Narkoba dan HIV AIDS, bidang Kamtibmas, Terorisme, bidang KB Kesehatan, bidang Lingkungan Hidup, bidang Kependudukan, bidang Perkoperasian dan bidang Pertanian.

“Kedua sasaran tersebut bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam arti luas. Karena kesejahteraan merupakan tujuan utama yang ingin dicapai dalam setiap kegiatan,” ujarnya.

Menurut Gubernur, TMMD juga telah memberikan manfaat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena kita ketahui bersama, Program TMMD dilaksanakan secara terpadu dengan program pembangunan di daerah, dan banyak melibatkan masyarakat dalam pemberdayaan sekaligus menciptakan ketahanan wilayah demi keutuhan NKRI. Bahkan kerjasama yang baik berdasarkan prinsip-prinsip keterpaduan yang lebih menekankan pada azas manfaat maupun aspek akuntabilitas.

Gubernur berharap, dengan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat, pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka menjaga keutuhan wilayah NKRI dapat dipercepat.

“Untuk itu saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan terlibat dalam kegiatan TMMD Ke-99 ini. Buktikan kekuatan gotong royong kita, TNI, POLRI, Pemda dan masyarakat sebagai perwujudan salah satu wahana untuk memelihara budaya bangsa. yakni gotong royong dan memupuk rasa nasionalisme kebangsaan,” pungkasnya.

Selanjutnya secara simbolis Wakil Gubernur DIY memukul gong tanda dibukannya Reguler ke - 99 Tahun Anggaran 2017 dilanjutkan dengan penyerahan alat kerja kepada peserta TMMD.

Sementara itu, Dandim 0729/Bantul Letnan Kolonel (Inf) Agus Widianto selaku Dansatgas TMMD Reguler ke 99 mengatakan, lokasi TMMD adalah di Dusun Kajor Selopamioro Imogiri Bantul.

Dijelaskannya, pembangunan fisik rencananya meliputi sasaran pokok berupa pembuatan jalan, jembatan, gorong-gorong dan saaran tambahan berupa bedah rumah, coor blok jalan serta pembangunan sarana air bersih.

Sementara pembangunan nonfisik berupa penyuluhan tentang administrasi kependudukan, kesehatan masyarakat, bela negara, bahaya narkoba, tertib lalu lintas, penyakit hewan menular dan budidaya ikan, UU ketenagakerjaan, kesehatan reproduksi remaja serta pengelolaan sampah.

Kegiatan TMMD Reguler ke 99 rencananya akan dimulai dari tanggal 4 Juni s.d 2 Agsutus 2017. Sementara personel yang terlibat setiap harinya sebanyak 217 yang terdiri dari personel TNI, Polres Bantul, Pemda Bantul, FKPPI, Linmas, Tagana dan masyarakat. “Kami berharap seluruh sasaran pembangunan, baik fisik maupun nonfisik dapat selesai tepat waktu,” pungkasnya. (Sihumas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:47

0 komentar:

CB