Pencanangan Kampanye MR Dan Gebyar BIAS 2017 Di Pleret

Posted by tribratanewsbantul on 07:49

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH menghadiri kegiatan Pencanangan Imunisasi Measles Rubella (MR) bagi anak usia 9 bulan s/d 15 tahun dan gebyar bulan imunisasi anak sekolah (Bias) tahun 2017 di Pendopo Balai Desa Wonokromo, Pleret, Bantul, Senin (31/7/2017) pagi.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kepala Seksi Survelensi dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bantul dr. Abednego Dani Nugroho, Camat Pleret M. Alwi, SH, MH, Danramil 07 Pleret Kapten Arm. Waluyo, Kepala Puskesmas Pleret dr. Fauzan, Kepala UPT Pleret Drs. H. Sumarjono, MM, Kepala KUA Pleret Wiharno, S.Ag, Lurah Desa se Kecamatan Pleret beserta Pamongnya, para Dukuh, TP PKK, Karang Taruna, TK Pertiwi, SD Jejeran, SMP 1 Pleret serta para tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut Kepala Puskesmas Pleret dr. Fauzan menerangkan tentang apa itu Campak dan Rubella. Dalam penjelasannya bahwa Campak dan Rubella merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus  Campak dan Rubella.

"Campak dan Rubella sangat menular. Anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit Campak dan Rubella akan beresiko tertular penyakit ini", jelas dr. Fauzan.

Oleh karena itu tugas pemerintah adalah membentengi warga masyarakat untuk melawan virus ini yaitu dengan melakukan imunisasi MR. Melalui Sekolah dan Posyandu, petugas Puskesmas mberikan imunisasi MR untuk anak usia 9 bulan s/d usia 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR pada bulan Agustus hingga September 2017.

Sementara itu Camat Pleret M. Alwi, SH, MH mengatakan bahwa pihaknya (Muspika Pleret) sangat mendukung program pencanangan Imunisasi MR.

"Kesehatan sangat penting sekali bagi seluruh umat manusia, dan kekayaan tiada artinya bila tubuh kita tidak sehat", kata M. Alwi.

Untuk itu pihaknya mengajak seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan dan mendukung program-program yang dicanangkan pemerintah, karena program pemerintah pasti tujuannya baik yaitu demi menjaga kesehatan bagi semua warga negara Indonesia. "Mari kita sukseskan kampanye MR", serunya.

Selanjutnya Kepala Seksi Survelensi dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bantul dr. Abednego Dani Nugroho dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan RI menyelenggarakan kampanye berupa pemberian Imunisasi Measles dan Rubella serentak dalam dua tahap. Harapannya kampanye imunisasi MR serentak ini secara nyata akan memutuskan transisi penularan virus Campak dan Rubella secara cepat.

Imunisasi wajib diberikan pada bayi dan anak untuk mencegah sakit, kecacatan dan kematian. Upaya membebaskan masyarakat dari penyakit menular menjadi kewajiban pemerintah yaitu Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), salah satunya melalui  Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR). Kampanye ini digelar untuk membebaskan masyarakat dari penyakit Campak dan Rubella. Untuk itu, Kemenkes mengadakan kampanye pemberian Imunisasi MR serentak secara Nasional, yaitu pada Agustus–September 2017 di seluruh wilayah di Pulau Jawa dan Agustus–September 2018 di seluruh wilayah luar Pulau Jawa.

Lebih lanjut dijelaskan secara teknis untuk memudahkan petugas dalam memberikan imunisasi dan menjangkau sasaran, maka pelaksanaan kampanye akan dibagi menjadi dua tahap. Pada bulan Agustus imunisasi MR diberikan di sekolah-sekolah (PAUD, TK, SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat). Sementara pada September dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya. Imunisasi diberikan tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya dan imunisasi MR diberikan gratis, tidak dipungut biaya.

Selanjutnya dr. Abednego secara resmi melakukan Pencanangan Kampanye MR dan Gebyar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) 2017 di wilayah Kecamatan Pleret. Kemudian dilakukan secara simbolis pemberian imunisasi kepada perwakilan siswa TK-SD-SMP.

Adapun pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Measles Rubella (MR) selama Agustus 2017 wilayah Kecamatan Pleret akan berlangsung secara bergiliran di 21 SD/MI, 1 SLB, 6 SMP/MTs dan 21 PAUD/TK/RA.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga acara selesai daam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:49

0 komentar:

CB