Penutupan Festival Gejog Lesung Keistimewaan II Tahun 2017 Di Kalakijo

Posted by tribratanewsbantul on 03:00

Bhabinkamtibmas Desa Guwosari Bripka Supri Handono, S.H. mengamankan penutupan Festival Gejog Lesung Keistimewaan II di Dusun Santan RT 01 Guwosari Pajangan Bantul, Minggu (30/7/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Sleman Bapak Y. Gustan Ganda, Pernanggung jawab kegiatan Hernawan, Kepala Dukuh Santan Bpk. Mudakir dan Dukuh Kalakijo H. Sareh Supardi. Masyarakat yang menyaksikan pementasan ± 300 orang.

Penanggun jawab kegiatan Hernawan dalam menutup acara ini mengucapkan terima kasih kepada warga Kalakijo tuan rumah kegiatan, Pihak Keraton yang telah membuka dan mencanangkan Kampung Ingkung Kalakijo. Ucapan terima kasih diucapkan kepada Polsek Pajangan dan Linmas Guwpsari yang telah mengamankan kegiatan ini. Semoga dengan acara ini kita bisa melestarikan seni dan Budaya DIY, Gejog Lesung dan Kuliner Ingung. Diakhir acara nanti akan dipentaskan Kethoprak Gejog Lesung semoga dapat memberi hiburan kepada masyarakat”, pungkasnya.

Gejog Lesung yang tampil dalam festival ini diantaranya, Gejug Lesung Karya Manunggal Kalakijo, Gejog Lesung  Rosa Sentolo Kulon Progo, Gejug Lesung Forum  anak Semanu Gunung Kidul, Gejug Lesung Giwangan Kota Yogyakarta, Gejug Lesung Setyo Manunggal Gunung Kidul, Gejug Lesung Asem Gede Kalibawang Kulon Progo, Gejug Lesung Sri Rejeki Biru Sleman dan Gejug Lesung Puspita Sari Santan.

Selain itu diisi juga dengan Pembagian hadiah dan dorprize dari perlombaan Nyumbat Kambil (mengupas kelapa), Napeni Beras (memilah beras) dan Marut Kambil (marut kelapa) untuk menghidupkan tradisi lama agar tetap lestari. Tidak ketinggalan menampilan orkes keroncong dari Kala Muda Kalakijo.

Diakhir acara ditutup dengan penampilan Ketoprak dari Dewan Teater Yogyakarta berkolaborasi dengan Gejug Lesung Nyutro Budoyo dengan lakon “Joko Bodo Joko Wasis dan dengan bintang tamu Sugeng Iwak Bandeng.

Acara berlangsung dengan meriah, masyarakat sangat antusias menyaksikan Kethoprak ini aren menggabungkan Drama dan Humor. Selama kegiatan berlangsung Polsek Pajangan dan Linmas Dusun Kalakijo Guwosari mengamankan kegiatan hingga selesai. Acara berakhir hingga jam 24.00 Wib dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 03:00

0 komentar:

CB