Bhabinkamtibmas Ngestiharjo hadiri Pengukuhan FPRB Punokawan

Posted by tribratanewsbantul on 06:47

Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH menghadiri Pengukuhan FPRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) Punokawan di Baldes  Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jumat (30/08/2019) pukul 19.30  wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Ngestiharjo dalam rangka pengukuhan anggota FPRB Punokawan  dan Pembinaan dari BPBD kabupaten Bantul. Hadir dalam acara ini Perwakilan BPBD Kabupaten Bantul,  Kasi Trantib Kecamatan Kasihan Drs. Petrus Susanto, Lurah desa Ngestiharjo Fathoni Ariwibowo, Babinsa dan Undangan sekira 25 orang.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu untuk bagaimana mewujudkan masyarakat Desa di wilayah DIY khususnya Desa Ngestiharjo Kasihan Bantul menjadi masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana, dengan menjalin sinergi yang kuat dalam berbagai pihak, untuk bersama-sama sesuai dengan  potensi, kompetensi dan kapasitas masing-masing mengurangi resiko bencana yang ada di daerah dengan mengetahui ancaman bencana di lokasi setempat.

Desa Tangguh Bencana adalah sebuah desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca  bencana.

“Dalam kesempatan tersebut Lurah Desa Ngestiharjo menyampaikan bahwa masyarakat Desa Ngestiharjo, Kecamatan Kasihan tidak menghendaki terjadinya sebuah bencana, namun apabila terjadi bencana, Desa Ngestiharjo sudah siap dalam menghadapinya karena saat ini sudah ada FPRB Desa Ngestiharjo. FPRB adalah merupakan relawan yang bekerja dengan ikhlas bertugas untuk kemanusiaan/sosial tanpa mengharap digaji, “ ungkap Fathoni Ariwibowo. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 06:47

0 komentar:

CB