Hari Pertama Operasi Patuh Progo, 353 Pelanggar Ditilang

Posted by tribratanewsbantul on 09:09

Hari pertama Operasi Patuh Progo 2019, Satlantas Polres Bantul menggelar razia kendaraan di Jalan Raya Teruman Bantul. Dalam razia tersebut, petugas menindak ratusan pelanggar lalu lintas.

“Di hari pertama operasi, sebanyak 353 pelanggar lalu lintas kena tilang dan didominasi pengendara sepeda motor yang melawan arus dan tidak mengenakan helm,” jelas Kasatlantas Polres Bantul, AKP Cerryn Nova Madang Putri SH MM, Kamis (29/8/2019).

Dijelaskan, Operasi Patuh Progo 2019 ini akan digelar selama 14 hari kedepan, terhitung mulai tanggal 29 Agustus 2019 hingga 11 September 2019 mendatang. “Untuk itu, kami berharap kepada para pengendara untuk tertib dan melengkapi surat-surat berkendara saat berkendara,” jelasnya.

Delapan sasaran pelanggaran lalu lintas menjadi fokus petugas selama Operasi Patuh Lalu Lintas Progo 2019.

Delapan sasaran tersebut yakni, menggunakan telepon saat mengemudi, tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara, tidak menggunakan helm berstandar nasioanal (SNI).

Selain itu, juga pelanggaran berupa pelanggaran melawan arus lalu lintas, mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol, mengemudikan kendaraan di bawah umur, penggunaan lampu rotator/strobo dan yang terakhir mengemudikan kendaraan pada kecepatan maksimal.

"Delapan sasaran itu menjadi prioritas karena banyak ditemukan praktek pelanggaran. Operasi Keselamatan dilakukan untuk menekan pelanggaran tersebut," ujarnya.

Disinggung perihal banyaknya pelanggar yang kena tilang dihari pertama Operasi Patuh Progo 2019, Cerryn mengatakan, bahwa ini menandakan para pengguna jalan masih tidak peduli terhadap keselamatan berkendara. Padahal, katanya, yang bisa menghindarkan pengendara dari kecelakaan adalah pengendara sendiri. Polisi hanya bertugas untuk mengatur lalu lintas dan mengimbau kepada para pengguna jalan supaya tertib.

“Rencananya, lokasi operasi akan perpindah-pindah, terutama di tempat-tempat yang sekiranya rawan pelanggaran dan terjadi kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:09

0 komentar:

CB