Operasi Patuh Progo 2019 Mulai Digelar, Ini 8 Sasaran Prioritas Pelanggaran

Posted by tribratanewsbantul on 09:22

Terhitung mulai hari ini, Kepolisian Resor Bantul menggelar operasi lalu lintas bersandi Operasi Patuh Progo 2019. Operasi ini digelar selama 14 hari dari 29 Agustus 2019 hingga 11 September 2019.

Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH saat membacakan amanat Kapolda DIY Drs. Ahmad Dofiri, M.Si dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2019 di halaman Mapolres Bantul, Kamis (29/8/2019), mengatakan, Ada delapan sasaran perioritas pelanggaran yang nantinya akan dilakukan.

Adapun delapan poin tersebut adalah :

1. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar;

2. Pengendara ranmor R-4 yang tidak menggunakan safety belt;

3. Pengemudi kendaraan bermotor R-4 yang melebihi batas kecepatan;

4. Melawan arus;

5. Mengemudikan kendaraan bermotor dalam pengaruh alkohol;

6. Pengendara dibawah umur;

7. Menggunakan HP pada saat mengemudikan kendaraan;

8. Penggunaan lampu rotator/strobo.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui penyelenggaraan operasi patuh ini, diharapkan akan tercapai beberapa tujuan antara lain terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, dengan adanya operasi ini diharapkan titik kemacetan dapat berkurang, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas; serta terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, kata Kapolda, maka operasi ini dilaksanakan  dengan mengutamakan tindakan represif sebesar (60%) berupa penegakkan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas tanpa mengesampingkan kegiatan preemtif (20%) dan preventif (20%) serta dilakukan dengan tindakan kepolisian yang humanis mengedepankan 3S (senyum sapa salam).

“Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya mengucapkan “Selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi operasi “Patuh Progo - 2019”,” pungkas Kapolda.

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo 2019 di Polres Bantul dihadiri sejumlah pejabat Forkompinda Bantul antara lain Dandim 0729/Bantul Letkol Kav. Didi Carsidi,  pejabat dari Satpol PP, Dishub, Jasa Raharja, Kejaksaan Negeri Bantul, serta diikuti pasukan dari TNI/Polri, Satpol PP dan Dishub. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:22

0 komentar:

CB