Evaluasi Lomba Desa Siaga Tingkat Kabupaten Bantul di Desa Sumbermulyo

Posted by tribratanewsbantul on 08:40

Desa Sumbermulyo Bambanglipuro Bantul mewakili Kecamatan Bambanglipuro maju dalam Lomba Desa Siaga dan Pengelolaan Posyandu Tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2019. Penilaian lomba dilaksanakan di Aula Balaidesa Sumbermulyo dan Dusun Kintelan Sumbermulyo, Selasa (27/08/2019) pukul 12.30 WIB.

Hadir dalam giat tersebut, Tim Juri Evaluasi Desa Siaga Kabupaten Bantul, Camat Bambanglipuro diwakili Sekcam Bambanglipuro Sarwanto S.I.P. MM, Kapolsek Bambanglipuro AKP Wahyu Sudadi SH, Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr Tarsisius Glory, Bhabinkamtibmas Sumbermulyo Bripka Sigit, Sertu Widayadi dari Koramil Bambanglipuro, Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani beserta seluruh Pamong Desa, Ketua TP PKK Kecamatan Bambanglipuro, TP PKK Desa Sumbermulyo, perwakilan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Sumbermulyo beserta pengurus, Ketua Desa Siaga Sumbermulyo beserta pengurus,  Pokdarwis, Karangtaruna.

Team yuri evaluasi Lomba Desa Siaga dipimpin Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bantul Ny. Emi Masruroh Abdul Halim Muslih. Team yuri terdiri dari berbagai SKPD Pemda Bantul, yaitu Bappeda, Pemdes, Tapem, TP PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PMD, Kesbangpol, BKKPP dan KB, PMI.

Dalam evaluasi Lomba Desa Siaga, aspek penilaian ada 3 indikator yakni Pelayanan kesehatan dasar, Pemberdayaan masyarakat, dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Lurah Desa Sumbermulyo Dra Ani Widayani dalam sambutannya mengatakan, mewakili Pemerintah Desa Sumbermulyo mengucapkan selamat datang kepada team yuri dan seluruh undangan. Dalam presentasi administrasi, Desa Sumbermulyo  ditunjuk mewakili Lomba Desa Siaga Tingkat Kabupaten Bantul, Lebih lanjut Dra Ani Widayani mengatakan, secara kontinyu Pemerintah Desa Sumbermulyo melaksanakan sinergi dengan instansi terkait guna mempersiapkan apa yang menjadi tugas dan wewenang Desa Siaga dalam membantu masyarakat.

Selanjutnya Lurah Sumbermulyo dalam paparannya menjelaskan bahwa terkait angka PHBS perokok sulit dikendalikan. Desa Siaga selalu mensosialisasikan bahaya merokok, utamanya di lembaga pendidikan. Anak-anak harus dijauhkan dari rokok, kalau sudah merokok akan sulit untuk berhenti, papar Dra Ani Widayani.

Sedangkan Ketua Team Evaluasi Lomba Desa Siaga, Ny. Emi Masruroh Abdul Halim Muslih mengatakan, maksud dan tujuan kedatanagn team yuri, selain melaksanaan evaluasi lomba juga bersilahturahmi dengan warga Sanden dan Srigading. Ny. Emi Masruroh berharap, pelaksanaan verifikasi lapangan, dapat berjalan lancar dengan hasil yang terbaik.

Selesai melaksanakan penilaian di Balaidesa Sumbermulyo, team yuri menuju Dusun Kintelan yang menjadi sampel penilaian. Di Dusun Kintelan, team yuri melaksanakan pemeriksaan administrasi dan Posdaya yang terdiri dari Posyandu Balita, Posyandu Lansia, Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia,  Rumah Sehat, Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu).

Anggota team yuri, Siti Nur Afifah, SE dalam pesan kesannya menyampaikan, kegiatan Desa Siaga di Sumbermulyo sudah berjalan, artinya masyarakat sudah bersama-sama melaksanakan sesuai drngan bimbingan dari kesehatan. Suatu hal yang sangat menggembirakan, kita sudah melaksanakan kegiatan buat masyarakat sesuai visi Bupati Bantul, yaitu Kesehatan menjadi prioritas selain pendidikan, ujar Siti Nur Afifah, SE. (Humas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:40

0 komentar:

CB