Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Dampingi Kegiatan Pembagian Sertifikat Tanah Program PTSL

Posted by tribratanewsbantul on 14:05

Bhabinkamtibmas Kalurahan Tamantirto Bripka Agustinus Sulistyono SH melaksanakan pengamanan dan pendampingan penyerahan sertifikat tanah progarm PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) dari Pemerintah pusat. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Balai Kalurahan Tamantirto, Kasihan, Bantul, Senin (1/2/2021).

Kegiatan pengamanan dan pendampingan ini bertujuan untuk memperlancar penyerahan sertifikat tanah dari BPN program PTSL Pemerintah pusat kepada masyarakat Kalurahan Tamantirto.

Wisnu Ardi selaku Lurah Tamantirto menjelaskan, penyerahan sertifikat ini wujud dari direktif Pemerintah pusat yang dalam hal ini Kementrian ATR/BPN sebagai program terpusat lengkap di seluruh wilayah Indonesia.

”Pemilik tanah pekarangan, sawah, bangunan diwajibkan untuk membuat dan memiliki sertifikat guna sebagai keabsahan hak milik secara hukum, bagi pemilik tanah yang belum memiliki sertifikat diajukan dari Kalurahan ke BPN melalui program PTSL,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wisnu Ardi menerangkan bahwa penyerahan Sertifikat kali ini sudah kesekian kalinya dengan rincian warga Geblagan 100 sertifikat, warga Brajan 13 sertifikat dibagikan oleh BPN Kabupaten Bantul.

”Kepada para penerima sertifikat agar menyimpan sertifikat ini dengan baik, sehingga menjadi bukti atas kepememilikan tanah yang sah secara hukum,” tambahnya.

Metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yakni sandang, pangan dan papan. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.

PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu, nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tersebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan.

Di tempat yang sama Bhabinkamtibmas Desa Tamantrito Bripka AGustinus Sulistyo SH menyampaikan selama dalam melaksanakan pengamanan dan pendampingan kegiatan dapat berjalan tertib dan lancar.

“Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, kami mengingatkan masyarakat, untuk tetap mengunakan prosedur protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” tuturnya. (Humas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:05

0 komentar:

CB